Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sapi Limosin Berbobot 1,3 Ton Ditawar Rp 60 Juta

Kompas.com - 08/09/2015, 15:04 WIB
JOMBANG, KOMPAS.com — Jelang hari raya Idul Adha, harga hewan kurban mulai meningkat seiring tingginya permintaan. Bahkan, di Jombang, ada kelompok peternak sapi membuka lelang untuk seekor sapi jenis limosin berbobot 1,3 ton.

Kelompok peternak sapi tersebut berada di Dusun Bapang, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto. Sapi yang berumur tiga tahun ini sudah ditawar Rp 60 juta, tetapi belum dilepas.

"Yang menawar seorang dari Pasuruan dengan nilai Rp 60 juta, tetapi belum kami lepas. Sekarang kami lelang saja, minimal Rp 80 juta, baru kami pertimbangkan," kata Ali Badrun (49), salah satu anggota kelompok peternak Dusun Bapang tersebut, Selasa (8/9/2015).

Ali menjelaskan, sapi berwarna kecoklatan ini dibeli dua tahun lalu oleh kelompoknya saat masih berbobot di bawah 5 kuintal, dengan harga Rp 15 juta.

Dengan perawatan yang memenuhi standar, kini bobotnya mencapai 1,3 ton.

Menurut Ali, selain sapi berbobot 1,3 ton tersebut, daerah yang dikenal sebagai sentra ternak sapi dan kambing ini juga menyediakan sapi dan kambing berbagai jenis yang siap untuk dijadikan hewan kurban.

"Kami memang sengaja melakukan usaha penggemukan sapi dan kambing untuk dijual pada Idul Adha. Yang ke sini bukan hanya orang yang berkurban, melainkan banyak juga pedagang hewan kurban," imbuhnya.

Ali merinci, untuk sapi, jumlah yang ada di kelompoknya sekitar 80 ekor. Adapun kambingnya berjumlah sekitar 200 ekor. Penggemukan sapi dan kambing dipisah.

"Untuk sapi, tempatnya di lahan seluas 800 meter persegi, jumlahnya 80 ekor. Untuk kambing, tempatnya di lahan seluas 600 meter persegi, dengan jumlah 200 ekor," tambah Ali.

Mengenai harga, Ali menyebut bahwa sapi dilepas Rp 17 juta hingga Rp 27 juta per ekor. Adapun harga kambing dari Rp 1,8 juta hingga Rp 3,5 juta.

"Harga mengikuti bobot. Sapi di sini rata-rata berbobot 7 kuintal, dengan harga Rp 27 juta. Kambing terbesar Rp 3,5 juta," kata Ali.

Ali menambahkan, sapi jenis limosin, simental, dan brahman yang ada di kelompoknya dibeli dari sejumlah daerah. Di antaranya Nganjuk, Lamongan, dan Malang.

"Untuk penjualannya, baik sapi maupun kambing hanya untuk wilayah Jombang. Itu saja kami sudah kewalahan melayani," tutur Ali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com