Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal, Penyelundupan 4,8 Kg Sabu dan 19.000 Ekstasi di Perbatasan Entikong

Kompas.com - 27/08/2015, 10:45 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

ENTIKONG, KOMPAS.com - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Entikong kembali menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu dan ekstasi di pos pelayan lintas batas (PPLB).

Narkoba yang berhasil diamankan berupa sabu seberat 4,8 kilogram, pil ekstasi jenis eramin-5 (happy five) sebanyak 19.960 butir dan ekstasi 330 butir.

Narkoba tersebut diamankan dari seorang pelintas batas berinisial TE, saat melakukan perjalanan dari Malaysia menuju Indonesia, Minggu (23/8/2015). Diduga pelaku merupakan sindikat jaringan narkoba internasional yang kerap memasukkan barang haram tersebut ke Indonesia.

Kepala KPPBC Entikong, Tjertja Karya Adil, mengungkapkan, terungkapnya TE berawal dari informasi masyarakat terkait adanya pemasukan barang ilegal berupa narkoba melalui PPLB Entikong.

"Saat akan melintas, dilakukan pemeriksaan terhadap TE beserta kendaraan yang digunakannya. Kemudian di dalam mobil ada barang-barang impor yang tidak dilaporkan, setelah dicek manual petugas menemukan narkoba tersebut," ujar Tjertja, Kamis (27/8/2015).

Petugas kemudian mengamankan TE beserta barang bukti untuk pengembangan penyelidikan. Dari hasil pemeriksaan sementara, TE rencananya akan membawa narkoba tersebut menuju Pontianak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com