Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Semen Tonasa IV Terbakar, 1 Tewas dan 10 Luka

Kompas.com - 19/08/2015, 23:18 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

PANGKEP, KOMPAS.com - Pabrik Semen Tonasa IV di Desa Biring Ere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, terbakar, Rabu (19/8/2015). Dalam kejadian itu, seorang pekerja tewas dan 10 orang pekerja lainnya luka.

Kebakaran yang menimpa salah satu pabrik BUMN itu terjadi di belt transport atau jembatan pengangkut batubara kasar sepanjang 150 meter menuju bangunan coal mill atau penggilingan untuk menghaluskan batubara di area pabrik Semen Tonasa. Kebakaran ini diduga disebabkan gesekan batubara.

Kepala Polres Pangkep, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Muhammad Hidayat mengatakan, kebakaran di pabrik Semen Tonasa sudah berhasil dipadamkan. Kebakaran terjadi sekitar 2,5 jam. Saat ini, area dust collector untuk sementara didinginkan.

"Api diduga berawal dari gesekan batubara sehingga mengeluarkan api, lalu merembes ke fanbelt dan terbakar. Sehingga membuat api semakin membesar dan sulit dijangkau oleh petugas pemadam kebakaran, karena posisi coal mill terbakar pada bagian atas," kata Hidayat.

Adapun korban yang meninggal, lanjut Hidayat, pekerja bernama Akbar (25) yang merupakan karyawan PKM PT Semen Tonasa. Sementara, 10 korban luka lainnya masing-masing, Ansar (26), Hamsah (33), Wahyudi (23), Haerun (43), Jamal (45), Asdar (18), Bahtiar (26), Tono (19), Surpahmi (18) dan Supriadi (18).

"Kita sudah melakukan pengamanan di TKP dan korban sudah dirujuk ke RS Stellamaris dan RS Awal Bros di Makassar serta RSUD Pangkep. Kita juga sementara mintai keterangan saksi-saksi," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com