Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Vulkanik Gunung Raung Menurun

Kompas.com - 18/08/2015, 15:51 WIB
KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan aktivitas vulkanik Gunung Raung di Jawa Timur sudah semakin menurun sejak beberapa hari terakhir.

"Sejak lima hari terakhir terus mengalami penurunan aktivitas vulkaniknya," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho usai Bimbingan Teknis Data Informasi dan Humas BPBD se-Provinsi Bali di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Selasa.

Menurut dia, aktivitas kegempaan di gunung berapi tertinggi kedua di Jawa Timur itu berdasarkan pengamatan seismik, tremor pada Selasa pagi, sudah menyentuh level dua milimeter.

"Sudah jauh sekali dibandingkan pada Juli hingga awal Agustus lalu yang bahkan menyentuh tremor 31 milimeter," imbuhnya.

Sutopo menjelaskan, semakin besar ukuran tremor, semakin besar pula semburan atau pasokan magma di perut bumi yang dimuntahkan ke permukaan.

"Pantauan satelit juga tidak ada menunjukkan peningkatan aktivitas," ucap dia.

Meski telah menurun, namun level siaga tiga pada gunung setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut ini belum diturunkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com