Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, 113 Perjalanan KA Lokal di Bandung Gratis

Kompas.com - 17/08/2015, 07:57 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Hari ini, tiket 113 perjalanan KA lokal bersubsidi (PSO) digratiskan. Kebijakan ini diambil PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 2 untuk memperingati HUT RI ke-70 dan mendukung program Kementerian BUMN yang bertajuk ‘BUMN Hadir untuk Negeri', PT KAI menjalankan ‘Program Merdeka'.

"Lewat program ini, PT KAI menggratiskan tiket 113 perjalanan KA Lokal bersubsidi (PSO), yang terdiri dari 100 perjalanan KA lokal bersubsidi pada 17 Agustus 2015 untuk keberangkatan mulai pukul 08.00-17.00 WIB," ujar Asisten Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Kuswardoyo di Bandung, Senin (17/8/2015).

Kuswardoyo menjelaskan, KA lokal di wilayah Daop 2 Bandung yang digratiskan terdiri dari KRD Bandung Raya Cicalengka-Padalarang PP, KA Lokal Cibatuan Relasi Purwakarta-Cibatu PP, dan KA Lokal Purwakarta-Jakarta PP.

"Pertimbangan digratiskannya KA lokal ini lantaran biasanya pada hari libur KA lokal selalu dipadati pengguna jasa kereta api. Sehingga, sebagai wujud turut memperingati dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-70 dan apresiasi kepada pengguna setia KA maka kami gratiskan perjalanannya," ucapnya.

Kuswardoyo menambahkan, jika pada hari biasa, rata-rata okupansi KA Lokal di angka 60-70 persen, pada hari libur okupansinya bisa mencapai 100 persen.

Bagi masyarakat yang ingin menikmati program ini, dapat melakukan pembelian tiket seharga Rp 0 di stasiun untuk keberangkatan KA Lokal bersubsidi pada waktu tersebut.

Sementara untuk masyarakat yang telah melakukan pemesanan tiket KA Lokal bersubsidi H-30 sebelum hari keberangkatan, biaya tiket akan dikembalikan di loket stasiun tujuan dengan menunjukkan bukti tiket KA Lokal bersubsidi keberangkatan 17 Agustus 2015 pukul 08.00-17.00 WIB. Pengembalian biaya tiket dapat dilakukan hanya pada tanggal 17 Agustus 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com