Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.781 Jiwa Pengungsi Gamalama Kembali ke Rumah

Kompas.com - 31/07/2015, 14:57 WIB
Kontributor Ternate, Fatimah Yamin

Penulis


TERNATE,KOMPAS.com
- Sebanyak 1.781 jiwa pengungsi Gunung Gamalama, Ternate, Maluku Utara, Jumat (31/7/2015) dari pukul 08.00 WIT-10.00 WIT, kembali ke rumah masing-masing. Pemulangan pengungsi sejak semburan abu vulkanik gunung api Gamalama 16 Agustus 2015 itu dilepas oleh Walikota Kota Ternate Burhan Abdurahman, didampingi Kapolres Ternate dan Dandim 1501 Ternate.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Hasyim Yusuf, mengatakan, pemulangan pengungsi sehubungan berakhirnya masa tanggap darurat yang dimulai dari 18-31 Juli 2015.

"Pemulangan pengungsi tadi kita dibantu dari personel TNI dan Polri, termasuk transportasi yang digunakan ada 27 mobil dari TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP," kata Hasyim.

Sebanyak 498 kepala keluarga pengungsi yang dipulangkan tadi merupakan warga di tiga kelurahan di Kota Ternate, yaitu Kelurahan Loto, Togafo dan Takome.

"Semua pengungsi sudah dipulangkn tadi. Mereka yang ada di tiga titik lokasi pengungsian, yaitu di aula SKB Diknas, Aula SMK Negeri 2 dan aula Pangkalan Angkatan Laut Ternate," ujar Hasyim.

Kepada seluruh pengungsi, Pemkot Ternate berharap agar tetap waspada, terkait dengan kondisi Gunung Gamalama yang hingga kini masih fluktuatif. Warga, khususnya mereka yang tinggal di bantaran sungai, juga diimbau untuk mewaspadai banjir layar dingin ketika musim hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com