Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cabup Petahana Lamongan Borong Partai Lawan 2 Pasangan Perorangan

Kompas.com - 29/07/2015, 17:14 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pilkada Kabupaten Lamongan diramaikan tiga pasangan calon kepala daerah. Salah satu pasangan calon bupati diusung oleh banyak partai di parlemen. Pasangan tersebut adalah calon bupati petahana Fadeli yang menggandeng politisi PKB, Kartika.

Sementara lawannya, dua pasangan perorangan, yakni Mujianto-Sueb Abdullah dan Nur Salim-Edi Wijaya.

Ketua KPU Lamongan Imam Ghozali mengatakan, ketiga pasangan calon bupati dan wakil calon bupati tersebut sudah mendaftar ke KPU sepanjang tiga hari masa pendaftaran dari 26-28 Juli lalu.

"Persyaratan administrasi calon akan diverifikasi dan pada 4-7 Agustus, nanti pasangan calon akan diberi waktu untuk memperbaiki kekurangan," ujar Imam saat dikonfirmasi, Rabu (29/7/2015).

Calon petahana dalam pilkada Lamongan didukung hampir semua partai parlemen seperti PKB, PDI-P, Gerindra, PAN, Golkar, PKS dan Hanura dengan total 46 kursi.

"Partai parlemen yang tidak mendukung hanya PPP yang memiliki empat kursi," terangnya.

Sementara dua pasangan jalur perorangan masing-masing sudah mengumpulkan syarat dukungan kepada KPU, masing-masing sebanyak 87.000 lebih dukungan warga Lamongan. Jumlah itu, kata Imam, sebesar 6,5 persen dari jumlah penduduk Lamongan sebanyak 1,3 juta jiwa lebih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com