Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Kata Sophia Latjuba, Orang Cukup Mandi Dua Hari Sekali

Kompas.com - 27/07/2015, 15:28 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Untuk mengantisipasi kekeringan yang melanda Indonesia, termasuk Bandung, Pemerintah Kota Bandung mendorong pemanfaatan sumber-sumber air baru, melakukan kampanye hemat air, serta menindak pengusaha air ilegal.

"PDAM sudah menyatakan pemanfaatan sumber-sumber baru. Tapi karena curah hujan minim, sangat susah," ujar pria yang kerap disapa Emil itu seusai Halal bi Halal di Balai Kota Bandung, Senin (27/7/2015).

Selain itu, dia sudah meminta kepada PDAM untuk membuat kampanye layanan publik penghematan air, misalnya mandi yang biasa setiap hari jadi dua hari sekali.

"Kalau kata Sophia Latjuba (Sophia Muller), orang cukup mandi dua hari sekali. Jadi itu teorinya, bagi yang merasa capek dan cantik, cukup mandi dua hari sekali. Jangan kekeringan mandi, nanti luntur," tutur Emil sambil tertawa.

Tak hanya itu, Pemkot Bandung sedang mempersiapkan shalat istisqa. Shalat akan dilakukan pekan depan. Namun waktu pasti dan tempatnya masih dibicarakan, sedangkan dari unsur hukum, pihaknya sudah melaksanakan rapat dengan pihak terkait.

Dalam waktu dekat, Pemkot Bandung akan mengamankan 800 pengusaha air yang diduga menjalankan usahanya secara ilegal.

"Targetnya sudah bisa dilaksanakan semester dua ini hingga akhir tahun nanti," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jabar, Anang Sudarna mengaku kekeringan yang dialami Jabar tidak separaah Jatim dan Jateng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com