Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tutup Bandara Ngurah Rai, Jonan Minta Waktu Satu Menit

Kompas.com - 22/07/2015, 13:28 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Rabu (22/7/2015) sekitar pukul 11.00 WIB, mengunjungi perusahaan perakitan otobus Laksana, di Jalan Semarang-Solo Km 24,5 Babadan, Ungaran, Jawa Tengah.

Saat melayani sesi wawancara dengan wartawan, Jonan tiba-tiba meminta jeda waktu satu menit untuk menutup Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Bali. "Tolong saya kasih waktu satu menit ya? Mau nutup Bandara Ngurah Rai," kata Jonan, sebelum mengutak-atik ponselnya.

Jonan lantas menjelaskan, sebaran abu Gunung Raung mengarah ke Timur sehingga sejumlah bandara kembali ditutup. "Sejak pagi jam enam, Bandara Banyuwangi dan Jember (ditutup). Jam 12 siang ini Ngurah Rai, karena sebaran abu Gunung Raung. Penutupan ini tergantung (arah) anginnya ke mana," kata dia.

Guna mengantisipasi penumpang yang gagal terbang, imbuhnya, sejumlah prosedur tetap (protap) sudah disiapkan, antara lain pengembalian tiket (refund), pengalihan jadwal terbang (reschedule), ataupun pengalihan ke moda transportasi lain semisal dengan bus.

"Kalau dari Denpasar misalnya ke Surabaya, kalau mau disediakan bus, tapi tetap bayar. Tiket di-refund atau di-reschedule. Nanti dari Surabaya naik kereta atau dari Surabaya bisa booking pesawat. Atau, Denpasar ke Makassar diantar ke Surabaya dulu, tapi ya jadwalnya tidak pas," ungkap dia.

Jonan tidak bisa memperkirakan sampai kapan penutupan akan diberlakukan karena aktivitas Gunung Raung merupakan fenomena alam yang sulit diprediksi sebelumnya. "Selama sebaran abunya membahayakan, penerbangan kami tutup," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com