Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Lebaran, Abu Vulkanik Gunung Raung Mengarah ke Barat Laut

Kompas.com - 17/07/2015, 13:06 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com
- Aktivitas Gunung Raung, Jumat (17/7/2015), tidak sebesar sebelumnya. Pada hari pertama Lebaran ini, aktivitasnya menurun. Hal ini disampaikan oleh Dewa Mertayasa, petugas Posko Pantau Gunung Raung di Dusun Mangaran, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

"Dilihat dari situasi gunung dan alat pendukung di Pos Pantau sudah menurun dari dua hari ini. Aktivitas trennya menurun dari data-data yang ada. Cuma statusnya tetap siaga," kata Dewa, Songgo, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat.

Dari pos pantau sekitar pukul 00.00 WIB sampai 06.00 WIB, secara visual tercatat cuaca terang, angin tenang, suhu udara 18 derajat celsius, dan Gunung Raung berkabut.

Untuk seismik, tremor menerus dengan mampet 5-32 mm dominan 25 mm. Abu vulkanik dengan ketinggian 2.000 meter.

"Ketinggian abu vulkanik mencapai 2.000 meter. Cuaca hari ini terang dan anginnya tenang, tapi Gunung Raung statusnya tetap siaga," kata salah satu petugas bernama Agung.

Pos Pemantauan Gunung Api Raung yang ada di Mangaran ini dijaga oleh enam orang dengan dua orang perbantuan dari Bali yang bertugas, yaitu tugas di Gunung Agung dan Gunung Batur. Mereka diperbantukan sejak tanggal 28 Juni 2015 hingga tanggal 21 Juli 2015 mendatang yang akan diganti dengan dua petugas dari Bali lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com