Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Tanjakan Bohong Tasikmalaya "Black Spot" Mematikan

Kompas.com - 12/07/2015, 12:29 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com – Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tasikmalaya Ajun Komisaris Asep mengimbau pemudik yang melewati jalur alternatif Selatan Tasikmalaya via Singaparna, untuk mewaspadai Tanjakan Bohong, Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Lokasi ini dinilai sebagai salah satu "black spot" yang mematikan dengan tanjakan dan belokan tajam.

Tanjakan Bohong merupakan salah satu titik rawan kecelakaan dengan tanjakan panjang sekitar 50 meter, disertai tikungan hampir 130 derajat.

"Semua harus waspada saat akan memasuki Tanjakan Bohong, Salawu. Di sini mobil sering mogok dan berbahaya," kata Asep, Minggu (12/7/2015).

Selain itu, kata Asep, tanjakan ini seakan tidak terlihat akan menanjak dan menikung tajam oleh para pengemudi dari arah Singaparna ke Garut. Sehingga, tanjakan ini disebut "tanjakan bohong".

"Kendaraan diharapkan berhati-hati saat akan memasuki tanjakan ini karena tak terlihat seperti ada tikungan tajam," ucap Asep.

Kawasan ini rawan kecelakaan karena biasanya ada kendaraan mogok yang tak terlihat oleh pengendara di belakangnya atau kendaraan yang sedang naik selalu mengambil lajur kanan badan jalan.

Sehingga, polisi berharap kepada pemudik yang akan melintasi jalur ini supaya mengurangi kecepatan saat akan melintasi tanjakan mematikan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com