Fakhri Terpental dari Lantai Empat Saat Hercules C-130 Tabrak Ruko - Kompas.com

Fakhri Terpental dari Lantai Empat Saat Hercules C-130 Tabrak Ruko

Kompas.com - 03/07/2015, 13:02 WIB
TRIBUN MEDAN / RISKI CAHYADI Badan pesawat Hercules C-130 TNI AU yang jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, 30 Juni 2015. Pesawat itu jatuh dua menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Soewondo pada pukul 12.08 WIB ketika hendak menuju Tanjung Pinang.

MEDAN, KOMPAS.com — Matahari sedang terik pada siang itu saat pesawat Hercules C-130 jatuh, Selasa (30/6/2015). Ahmad Fakhri bersama dua teman lainnya, Rizal dan Rahmat, sedang menyelesaikan pekerjaan mengecat sebuah kubah di bagian atap rumah toko Royal Gardenia di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara.

Fakhri tak sadar saat pesawat Hercules C-130 tiba-tiba mendekat ke arah dia dan dua rekannya. Saat itu, ia mengira pesawat itu hanya melintas dengan terbang rendah.

"Biasanya lebih tinggi. Tapi, saya kira pesawat lintas biasa," kata Fakhri dengan sedikit menahan rasa sakit di Ruang Rindu B Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Haji Adam Malik, Medan, Sumatera Utara, Jumat (3/7/2015).

Pesawat militer bermuatan 122 orang tersebut semakin mendekat tanpa disadari oleh Fakhri dan dua rekan lainnya. Saat dalam posisi yang berjarak paling dekat, Fakhri baru sadar pesawat tersebut hendak menabrak mereka.

"Saya cuma bisa lihat saja. Enggak bisa ngapa-ngapain," ucap Fakhri.

Bagian pesawat yang ia lihat hanya sayap sebelah kiri. Posisi pesawat tersebut juga dalam kondisi miring. "Saya ketabrak dan mental ke bawah," kata bapak dua anak tersebut.

Fakhri tak sempat melihat ke mana dua teman lainnya. Ketiga pekerja bangunan tersebut terpisah satu sama lain. "Rahmat (teman Fakhri) kerjanya lebih jauh. Dia selamat dan turun ke bawah," kata Fakhri. (Baca: Cerita Rahmat yang Selamatkan Diri Saat Pesawat Hercules Jatuh di Medan)

Satu teman lainnya, Rizal, tak dapat menyelamatkan diri. Setelah terlontar ke bawah, Fakhri tak sadarkan diri. Ia pun langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

Pesawat Hercules C-130 jatuh di Medan pada Selasa siang. Kecelakaan itu menimbulkan korban jiwa yang berasal dari personel TNI AU, penumpang pesawat, dan masyarakat sipil.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorBayu Galih

Close Ads X