Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilanda Kekeringan, Warga Menyeberang Pulau Demi Mencari Air Bersih

Kompas.com - 03/07/2015, 02:06 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com
- Kekeringan yang melanda wilayah Polewali mandar Sulawesi barat sejak dua bulan terakhir menyebabkan warga Pulau Battoa terpaksa berjalan kaki beberapa kilometer sebelum menyeberang ke pulau atau desa tetangga menggunakan perahu demi mendapatkan pasokan air bersih meski hanya untuk minum dan memasak.

Keterbatasan air bersih menyebabkan warga yang tengah berpuasa ini kesulitan mencari air meskipun hanya untuk memenuhi kebutuhan mandi dan mencuci pakaian. Inilah rutinitas warga Pulau Battoa, Kecamatan Binuang Polrewali Mandar sejak dua bulan terakhir.

Kekeringan yang melanda sejak dua bulan terakhir menyebabkan warga Pulau Battoa terpaksa berburu air minum dan memasak ke seberang pulau atau desa tetangga yang memiliki air bersih yang cukup. Sebelum naik perahu ke pulau tetangga warga berjalan kaki hingga satu kilometer lebih ke dermaga. Meski lelah berpuasa warga tetap memaksakan diri untuk berburu air seperti ke Desa Tonyamang. Maklum sejak kemarau pasokan air sulit di dapatkan warga. Sumur-sumur warga juga kekeringan.

Baba, warga Pulau Battoa ini sengaja lebih siang berburu air ke seberang Desa Tonyamnang Rabu (1/7/2015) kemarin lantaran pagi hingga menjelang buka puasa biasanya banyak warga antre berburu air ke sumur warga di desa tetangga yang masih memiliki pasokan air.

Sebelum naik perahu ke pulau tetangga, Baba harus berjalan kaki lebih dari satu kilometer dari rumahnya ke dermaga tempat perahu warga ditambatkan. Berbekal beberapa jerigen berisi 50 liter, Baba berburu air ke desa Tonyamang agar keluarganya kelak mnejelang buka puasa bisa memasak nasi dan air panas untuk berbuka puasa.

Karena tak ada sumber air yang cukup wara Pulau Battoa terpaksa berburu air ke desa tetangga seperti Desa Tonyamang demi mendapatkan air bersih walau hanya untuk minum dan memasak.

Terbatasnya pasokan air bersih ke Pulau Battoa membuat banyak warga jarang mandi dan mencuci pakaian yang bersih. Pasalnya mereka tak bisa mendapatkan sumber air yang cukup sejak kemarau panjang melanda sebagai daerah di Polewali Mandar termasuk warga Pulau Battoa.

Warga berharap pemerintah kabupaten bisa mengupayakan bantuan pasokan air PDAM agar warga bisa hidup lebih nyaman dan lebih tentram karena pasokan airnya tercukupi.

Lebih dari 300 KK di pulau ini berharap pemerintah bisa segera mencari solusi untuk menbantu warga mengatasi masalah persediaan air bersih yang selalu jadi masalah terutama di saat musim kemarau seperti tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com