Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mashur, Sosok Tukang Sapu Pendamping Kapolda NTB yang Tenar di Facebook

Kompas.com - 02/07/2015, 18:48 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com — Mashur (52), seorang tukang sapu yang setiap hari bertugas membersihkan Markas Polda Nusa Tenggara Barat (NTB), belakangan menjadi bahan perbincangan setelah fotonya bersama Kapolda Brigjen (Pol) Umar Septono diunggah di Facebook.

Baca: Foto Kapolda Bareng Tukang Sapu Menuai Pujian di Dunia Maya.

Sehari-hari Mashur bersama tujuh rekannya menjalankan rutinitas sebagai tukang sapu dan bertugas membersihkan semua bagian di Mapolda NTB. Mashur biasa mendapat tugas membersihkan halaman dan lapangan Gadjah Mada.

Sebelum apel dimulai, ia harus memastikan kondisi lapangan bersih. Petugas honorer kebersihan yang telah mengabdi selama lima tahun di Polda NTB ini tidak pernah menyangka dirinya akan mendampingi Kapolda dalam apel yang diselenggarakan pada Senin (29/6/2015).

Mashur, yang biasanya hanya bertugas membersihkan lapangan, merasa bangga bisa mengikuti apel dan berdiri berdampingan dengan Kapolda Umar.

"Waktu itu saya sedang nyapu di lapangan. Selesai itu saya dipanggil suruh menghadap Bapak. Sambil membawa sapu, saya lalu diajak naik mobil Kapolda, ternyata saya diajak mendampingi Bapak saat apel. Banggalah," kata Mashur.

Pria yang belum menikah ini bahkan tidak mengetahui bahwa fotonya bersama Kapolda ramai diperbincangkan dan mendapat pujian dari pengguna Facebook.

Sejak diunggah di halaman Facebook Info Polda NTB tiga hari lalu, foto Kapolda NTB bersama tukang sapu mendapatkan 1.160 likes dan 7.540 komentar.

Dalam foto itu, Mashur berdiri di samping Kapolda. Pemandangan ini dianggap tidak biasa karena biasanya hanya pejabat utama dan perwira menengah ke atas yang berdiri di depan lapangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com