Penanganan Korban Hercules, Korban Prajurit TNI Jadi Prioritas

Kompas.com - 01/07/2015, 15:56 WIB
Puing pesawat Hercules C-130 TNI AU yang jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, 30 Juni 2015. Pesawat itu jatuh dua menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Soewondo pada pukul 12.08 WIB ketika hendak menuju Tanjung Pinang. TRIBUN MEDAN / RISKI CAHYADIPuing pesawat Hercules C-130 TNI AU yang jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, 30 Juni 2015. Pesawat itu jatuh dua menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Soewondo pada pukul 12.08 WIB ketika hendak menuju Tanjung Pinang.
|
EditorGlori K. Wadrianto
MEDAN, KOMPAS.com - Kepala Polda Sumut Eko Hadi Sutedjo mengatakan, prajurit TNI yang menjadi korban dalam kecelakaan pesawat Hercules C130 di Medan, Sumatera Utara, menjadi prioritas dalam penanganan.

"Kita prioritaskan TNI dulu, ya... Ini spesial-lah perlakuannya. Dan bagi warga sipil dilarang memasuki kawasan posko post mortem karena akan kita sterilkan," kata Kepala Polda di posko post mortem RS Adam Malik, Medan, Rabu (1/7/2015). 

Sebelumnya, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Edy Rahmayadi menargetkan proses pembersihan puing pesawat Hercules C-130 yang mengalami kecelakaan di Medan, kemarin, akan rampung hari ini.

"Hari ini kita targetkan semua selesai, baik evakuasi korban dan puing-puing," kata dia saat meninjau proses identifikasi korban di RS Adam Malik, Medan.


Menurut dia, saat ini seluruh kesatuan telah menurunkan tim untuk membantu. Di antaranya, ada 23 Satuan Setingkat Kompi (SSK) dari Angkatan Darat, dua SSK dari Kepolisian, satu SSK dari Angkatan Udara dan Angkatan Laut untuk membantu mempercepat proses evakuasi.

"Setelah semua terkumpul, selanjutnya kami akan serahkan kepada pihak yang berwajib untuk ditindaklanjuti," kata dia.

Sebelumnya, 39 jenazah sudah keluar dari RS Adam Malik. 12 jenazah personel TNI sudah berada di Lanud Suwondo, sisanya menyebar di RS Putri Hijau dan RS TNI AU di Polonia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X