Kepala Kantor Basarnas: Sudah Ada 105 Jenazah dan Enam Potongan Tubuh - Kompas.com

Kepala Kantor Basarnas: Sudah Ada 105 Jenazah dan Enam Potongan Tubuh

Kompas.com - 01/07/2015, 11:53 WIB
KOMPAS.com/Mei Leandha Proses pencarian korban pesawat Hercules yang jatuh di kawasan permukiman di Jalan Djamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/6/2015).

MEDAN, KOMPAS.com — Hingga pagi ini, arus lalu lintas di Jalan Jamin Ginting di Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara, masih ditutup mulai dari Simpang Simalingkar sampai Simpang Selayang. Tiap jalan masuk dijaga polisi dan TNI serta dipasangi garis polisi.

Di lokasi kejadian, petugas dari Basarnas Sumut, TNI, dan PMI terus membersihkan puing-puing pesawat. Sebagian potongan pesawat sudah dibawa dengan menggunakan truk Basarnas ke Lanud Soewondo, Medan.

Rochmali, Kepala Kantor Basarnas Medan, yang ditemui di lokasi tempat jatuhnya pesawat, mengatakan, hingga pagi ini, total ada 105 jenazah (sebelumnya disebutkan 135 jenazah) yang ditemukan dalam kondisi utuh dan sejumlah potongan tubuh.

"Total terkumpul hingga pagi tadi ada 105 kantong plus jenazah yang berhasil dievakuasi Basarnas. Tapi, kalau ada yang bilang 184 itu tidak salah. Yang tahu persis berapa jenazah di rumah sakit adalah tim DVI. Kami Basarnas hanya bertugas (dalam proses) evakuasi," kata Rochmali, Rabu (1/7/2015).

Sementara itu, petugas dari PMI Medan mengatakan, total jenazah yang utuh ada 135 dan enam bodybag berisi potongan tubuh.

"Terakhir itu kami temukan potongan kaki dan paha," kata Eci dari PMI Medan.

Menurut anggota Basarnas Medan, Tono, tidak ada lagi jenazah di puing-puing pesawat. "Kalau sudah begini, enggak ada lagi itu," katanya.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorCaroline Damanik

Terkini Lainnya


Close Ads X