Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batu Akik Mekongga Pun Dibanderol Rp 6 Juta

Kompas.com - 28/06/2015, 19:35 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com - Tidak perlu menunggu lama. Penggalangan dana dalam rangka bulan Ramadhan yang digelar Kejaksaan Negeri Kolaka, Sulawesi Tenggara, Minggu (28/6/2015), mampu mengumpulkan uang jutaan dalam waktu singkat.

Cara yang ditempuh adalah dengan menggelar kontes bagi perajin batu akik di Kolaka, dan kemudian melelang batu-batu akik juara hasil dari kontes itu. Dalam lelang ini, batu jenis mekongga yang menjadi juara dalam kontes ini, dibanderol dengan harga Rp 6 juta. Batu tersebut dibeli oleh salah satu pengusaha di Kolaka.

Sementara itu, batu juara dua jatuh ke tangan Bupati Kolaka Ahmad Safei. Kemudian, batu juara tiga dimiliki oleh salah satu warga Kolaka. “Sangat seru waktu pelelangan batu akik tadi. Batu yang juara satu itu jenisnya mekongga dari Pegunungan Baula," kata Anto, salah satu pengunjung, Minggu (28/6/2015).

Sementara batu yang kini menjadi milik Bupati adalah batu jenis Lakuya dari Pegunungan Konaweha. Batu itu dibanderol seharga Rp 3 juta. Sementara yang juara tiga adalah batu jenis damarwulan dari Pegunungan Damarwulan seharga Rp 3,5 juta yang dibeli warga bernama Yahya.

Sesuai kesepakatan para panitia dan peserta bahwa batu yang menang dalam kontes itu akan dilelang seusai kegiatan penilaian kontes. Nantinya hasil penjualan batu itu akan disumbangkan untuk sejumlah panti asuhan yang ada di Kolaka.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, kontes perajin batu akik yang diadakan oleh Kantor Kejaksaan Negeri Kolaka mengikutsertakan 55 perajin batu akik lokal di Kota Kolaka dan Kabupaten Kolaka Timur. Kegiatan ini pun menyedot perhatian ratusan warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com