Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah Telantar dengan Koreng di Badan Diamankan LPA Mataram

Kompas.com - 19/06/2015, 08:12 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengamankan AL (10) anak korban penelantaran yang diduga dilakukan oleh kakaknya.

Kepala LPA Mataram Sri Mawarni menceritakan, kasus penelantaran anak ini terungkap ketika warga di Lingkungan Monjok Baru, Kota Mataram menemukan AL yang saat itu tengah duduk di pinggir jalan.

Saat pertama kali ditemukan, kondisi anak tersebut sangat memprihatinkan. AL seperti anak yang tidak terurus dan jarang mandi. Selain tampak kurus dan tak terurus, terdapat luka koreng yang tergolong besar di bagian kepalanya.

"Kondisinya ndak terawat, badannya semua sakit terkena luka-luka karena penyakit gatal (koreng)," kata Sri Kamis (19/6/2015) malam.

Menurut Sri, warga sempat akan mengantar anak tersebut pulang ke rumah, tetapi AL menolak. AL mengaku takut pulang ke rumah karena sering dipukul oleh kakaknya YR. "Nggak mau. Sering dipukul," kata AL.

Saat ini, AL telah dibawa dan diamankan LPA Kota Mataram. Selanjutnya, AL akan dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa terkait kondisi fisik maupun psikisnya.

Sementara itu, menurut Kepala Lingkungan Monjok Baru, Kasmayadi, AL tidak pernah terlihat keluar rumah. Bahkan tetangga sekitar pun tidak banyak yang mengetahui ada anak tinggal di rumah tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sejak ditinggal ayahnya ke Kalimantan dan ibunya ke Jawa, AL tinggal di rumah tersebut bersama kakaknya. Setiap harinya, AL tinggal di kamar atas rumah tersebut dan hampir tidak pernah pergi keluar rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com