Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Sosial Kunjungi Warga yang Makan Pakan Ternak di NTT

Kompas.com - 16/06/2015, 19:49 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

SOE, KOMPAS.com — Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dijadwalkan akan mengunjungi tujuh desa di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), yang terpaksa mengonsumsi makanan ternak akibat gagal panen.

Asisten I Setda Kabupaten TTS, Epy Tahun, mengatakan kepada Kompas.com, Selasa (16/6/2015), bahwa Menteri Khofifah akan tiba di TTS, Rabu (17/6/2015) pagi.

"Ibu Menteri Sosial akan ke Soe (ibu kota Kabupaten TTS) untuk melihat gudang Bulog sekaligus mengecek tentang kualitas dan kuantitas beras miskin (raskin). Selain itu, menteri juga akan ke wilayah selatan Kabupaten TTS (tujuh desa) yang mengalami kekurangan pangan," kata Epy.

Epy mengatakan, Pemerintah Daerah TTS sudah salurkan bantuan raskin sebanyak 50 ton untuk tahap pertama, dan masih sekitar 50 ton raskin sebagai cadangan dari Pemerintah TTS dan 200 ton lagi yang akan dikirim oleh Pemerintah Provinsi NTT. Hal ini, kata Epy, sebagai bentuk intervensi Pemerintah Daerah TTS atas kondisi yang dialami masyarakat di tujuh desa di Kecamatan Kualin dan Kecamatan Amanuban Selatan.

Diberitakan sebelumnya, akibat gagal panen, ratusan warga di Kecamatan Kualin dan Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten TTS, NTT, mengonsumsi putak (bagian tengah batang pohon lontar) yang sering digunakan warga untuk pakan ternak.

Ratusan warga ini berada di lima desa di Kecamatan Kualin, yakni Desa Kualin, Toineke, Tuafanu, Tuapakas, dan Oni, serta dua desa di Kecamatan Amanuban Selatan, yakni Desa Oebelo dan Noemuke. [Selengkapnya, baca: Ratusan Warga Makan Makanan Ternak]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com