Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Kualanamu Siaga Penuh Antisipasi MERS

Kompas.com - 13/06/2015, 08:58 WIB


SUMATERA UTARA, KOMPAS.com - Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara, telah menyiapkan skenario pertolongan pertama terhadap ancaman virus korona penyebab MERS yang dikhawatirkan bisa menyerang melalui wisatawan asing.

"Kami sudah antisipasi dan rencanakan skenario evakuasi terhadap siaga virus MERS," kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Jefri Sitorus di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, Sabtu (13/6/2015) pagi, seperti dikutip Antara.

Jefri menjelaskan bahwa hingga saat ini belum ada wisatawan yang terindikasi virus korona. Meski demikian, pihaknya siaga penuh antisipasi virus tersebut. Alat pendeteksi panas tubuh sudah disiagakan di beberapa titik pengawasan penurunan penumpang.

Selain itu, banyak ditayangkan cara-cara pencegahan MERS, gejala MERS dan bahaya MERS melalui pesan audio-visual di layar iklan utama bandara. (baca: Ini Tips Hindari Virus Korona Penyebab MERS)

Hal yang dikhawatirkan adalah serangan virus korona yang berasal dari Timur Tengah, karena bandara tersebut memiliki agenda penerbangan langsung dari Timur Tengah.

"Wisatawan dari Timur Tengah selalu kami waspadai, walaupun isu terakhir MERS banyak menyerang di Korea Selatan, karena kami tidak ada jadwal penerbangan langsung ke negara Korea," katanya. (baca: WHO: Tak Perlu Pembatasan Perjalanan ke Korsel)

Skenario pertama ketika terindikasi di dalam pesawat adalah menurunkan semua penumpang dengan tenang melalui pintu depan dan belakang. Tiga baris terdekat diutamakan diturunkan terlebih dulu, agar petugas mempunyai ruang yang cukup untuk bertindak.

Tidak lupa baju pengaman selalu dikenakan petugas. Pasien kemudian dibawa menuju unit penanganan dan karantina melalui lajur khusus bandara. Setelah itu, bila memungkinkan langsung dirujuk menuju rumah sakit terdekat untuk diambil tindakan lebih lanjut.

Penumpang yang lain tetap akan diberi sterilisasi guna menghindari penularan secara langsung. (baca: Pertambahan Pasien MERS Mengecil)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com