Jumat Sore, Jokowi Akan Resmikan Jalan Tol Gempol–Pandaan

Kompas.com - 12/06/2015, 13:16 WIB

SIDOARJO, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan meresmikan jalan tol Gempol-Pandaan. Peresmian akan berlangsung pada Jumat (12/6/2015) sore, di Gerbang Tol Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

“Ruas Gempol-Pandaan ini diharapkan membantu mempersingkat waktu tempuh warga yang melintasi Surabaya-Malang,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Djoko Mursito, seperti dikutip dari laman Sekretariat Negara RI (Setkab.go.id), Jumat siang.

Presiden Jokowi telah tiba di Bandara Juanda, Sidoarjo pada Jumat siang, setelah menempuh penerbangan dari Kota Solo menggunakan Pesawat Kepresidenan.

Beberapa pejabat yang mendampinginya adalah Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadi Mulyono, Menteri BUMN Rini M Soemarno, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Beroperasinya jalan tol sepanjang 13,61 kilometer ini diharapkan mampu mengurai simpul kemacetan di jalan eksisting Surabaya-Malang. Sejalan dengan itu waktu tempuhnya juga akan lebih singkat.

Menurut Djoko, jalan Tol Gempol– Pandaan ini menelan biaya investasi sebesar Rp 1,472 triliun. Jalan tol ini juga menghubungkan Jalan Tol Pandaan–Malang, dan terkoneksi dengan Jalan Tol Gempol–Pasuruan untuk ke arah timur dan Jalan Tol Porong–Gempol untuk ke arah utara. Jalan Tol Porong–Gempol merupakan bagian dari Jalan Tol Surabaya–Gempol.

Jalan Tol Gempol–Pandaan dioperasikan oleh PT Jasamarga Pandaan Tol. Badan usaha ini merupakan patungan dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk (78,58 persen saham), PT Jalan Tol Kabupaten Pasuruan (11,84 persen), dan PT. Margabumi Matraraya (9,58 persen).

PT. Jasamarga Pandaan Tol berhak atas masa konsesi selama 37 tahun terhitung sejak tanggal penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK), yaitu tanggal 3 Oktober 2012.

Untuk tahap awal ini, tarif tol golongan I ditetapkan sebesar Rp. 818 per kilometer. Jalan tol Gempol-Pandaan menggunakan tipe perkerasan kaku (rigid pavement) dengan jumlah lajur 2 x 2 untuk tahap awal dan 2 x 3 untuk tahap akhir, serta memiliki 9 jembatan dan 2 simpang susun, yaitu Gempol Interchange dan Pandaan Interchange.


EditorSandro Gatra

Close Ads X