Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diselamatkan Kapal Induk AS, 60-an Korban Kapal Tenggelam Dibawa ke Balikpapan

Kompas.com - 11/06/2015, 15:52 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani Julius

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – Korban tenggelamnya kapal kayu Titian Muhibah di Selat Makassar tiba di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (11/6/2015) siang. Lebih dari 60 orang tiba di Pelabuhan Kapal Penumpang Semayang di Balikpapan, dengan kapal rescue Badan SAR Nasional RB215.

Puluhan korban itu disambut 11 mobil ambulans yang sudah berjaga sejak tiga jam sebelumnya. “Mereka yang dalam kondisi berat langsung dilarikan ke rumah sakit. Yang masih kuat kita kumpulkan di ruang sebelah,” kata Siti Hatijah, dokter tim kesehatan pelabuhan Semayang.

“Kapal rescue ada dek atas dan bawah. Saya menangani yang bawah. Dari dek bawah saja, ada sembilan kita kirim ke rumah sakit,” kata Siti.

Basarnas Balikpapan menjemput korban yang sebelumnya diselamatkan Kapal Amerika Serikat USS Rushmore di Selat Makassar, kira-kira 210 kilometer dari Balikpapan. Basarnas menggunakan sebuah kapal rescue dengan 12 ABK dan enam rescuer, Rabu (10/6/2015) menjelang tengah malam.

Basarnas tiba sekitar pukul 13.30 WIB. Hampir semua penumpang tampak dalam kondisi lemas, kuyu, terbakar matahari, menangis, dan ada beberapa yang terluka. Di antara mereka banyak anak-anak, wanita, hingga ada orang jompo.

Setibanya di Semayang, para korban langsung dievakuasi ke rumah sakit terdekat. Mereka yang lebih kuat dan lebih baik kondisinya masuk ke ruang berkumpul untuk didata.

Kapal Titian Muhibah dikabarkan tenggelam di Selat Makassar dalam perjalanannya dari Pelabuhan Tanjung Laut di Kota Bontang, Kalimantan Timur, menuju Mamuju, Sulawesi Barat. Kapal kayu ini bertolak dari Bontang pada Senin (8/6/2015) pukul 13.30 WIB.

Ada 60-an penumpang diselamatkan kapal perang Amerika Serikat, USS Rushmore, yang kebetulan berada tidak jauh dari lokasi tenggelamnya kapal. USS Rushmore baru saja dilibatkan dalam kegiatan sosial di Manado, Sulawesi Utara.

Sementara itu, keterangan resmi Basarnas, lima orang lagi berhasil tiba pulau-pulau terpencil di Perairan Mamuju, sedangkan tiga lainnya diselamatkan nelayan setempat.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com