Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ton Tangkas Tolak Ukur Kompetensi Prajurit TNI

Kompas.com - 09/06/2015, 12:10 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Ratusan anggota TNI Angkatan Darat (TNI AD) dari 13 Kodam di Indonesia mengikuti lomba peleton tangkas (Ton Tangkas) di Magelang, Jawa Tengah. Lomba tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi prajurit TNI.

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI, Muhamad Munir, menjelaskan lomba diikuti oleh peleton-peleton terbaik mewakili masing-masing kodam. Mereka saling berkompetisi untuk memperoleh nilai terbaik dalam delapan materi perlombaan. Di antaranya, kesegaran jasmani, renang militer, ilmu medan, menembak, lintas medan, how to fight (HTI), dan lainnya.

"Lomba ini sebagai tolak ukur pembinaan prajurit di masing-masing Kodam," kata Muhamad Munir usai membuka Lomba Ton Tangkas TNI AD di Stadion Sapta Marga kompleks Akademi Militer (Akmil) Magelang, Selasa (9/6/2015).

Mantan Pangdam III/Siliwangi itu mengemukakan, hasil lomba yang dihelat pada 9-15 Juni 2015 itu nantinya akan menjadi tolak ukur dan evaluasi dalam pembinaan prajurit di setiap satuan.

Selain itu, hasil lomba juga berpengaruh terhadap jenjang karier prajurit itu sendiri. "Hasil terbaik akan mendapat hadiah khusus, misalnya kemudahan sekolah, kenaikan pangkat, dan sebagainya," ujar mantan ajudan Presiden RI tahun 2004 itu.

Sebaliknya, kata Munir, jika mendapat hasil terjelek makan prajurit juga akan mendapat hukuman sesuai nilai yang diperoleh. "Hukuman tergantung nilainya berapa, kalau misalnya 60 ya itu terjelek," kata Munir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com