Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Klarifikasi Unpad Terkait Gelar Doktor Arief Yahya

Kompas.com - 04/06/2015, 17:29 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

SUMEDANG, KOMPAS.com — Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung memberikan klarifikasi pemberitaan terkait ijazah palsu yang membelit Menteri Pariwisata Arief Yahya. Unpad membenarkan, Arief Yahya mendapatkan gelar doktor dengan predikat cum laude.

"Arief Yahya mendaftar menjadi mahasiswa Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad pada 13 Desember 2010, dan tercatat sebagai mahasiswa baru angkatan 2010 dengan NPM 120 230 1005 08," ujar Kepala UPT Humas Unpad Soni A Nulhaqim dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (4/6/2015).

Soni menjelaskan, yang bersangkutan mengikuti kuliah sejak 2011 dan lulus ujian kualifikasi doktor pada 25 April 2012. Arief menyusun disertasi berjudul "Strategi Bersaing Pengembangan Industri Kreatif Digital di Indonesia Melalui Implementasi Creativity to Commerce Startup Model".

"Tim promotornya saat itu Prof Dr Sucherly MS, Dr Ernie Tisnawati MS, dan Nury Effendi MA PhD," tutur Soni.

Arief diketahui mengikuti Global Advanced Research Conference in Managament & Business (Garcombs) pada November 2012 dan meraih penghargaan The Best Paper pada makalah yang berjudul "The Effect of Unique Resource, Innovation Management, and Partnership on Business Performance at Digital Creative Industry in Indonesia".

Makalah tersebut kemudian dipublikasikan di International Journal of Innovation in Business Vol 2 No 5 tahun 2013. Selain itu, Arief mengikuti berbagai proses kelulusan mulai dari seminar usulan penelitian, seminar telaahan disertasi, ujian naskah disertasi, hingga sidang promosi doktor (SPD) di Grha Sausi Hardjadinata Unpad pada 13 Juni 2014.

Sidang dipimpin Rektor Unpad saat itu, Prof Dr Ganjar Kurnia DEA, dan diuji external examiner, Dr Sapta Nirwandar, yang adalah Wamen Parekraf dan Ketua Umum Ikatan Alumni Unpad.

"Dalam sidang tersebut, Arief Yahya dinyatakan lulus dengan predikat cum laude, dan berhak menyandang gelar doktor. Hingga tanggal 26 Agustus 2014, Arief diwisuda sebagai lulusan terbaik program doktor Unpad. Pada 2 Mei 2015, ia terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Program Doktor Manajemen Unpad," kata dia.

Sebelumnya, Arief Yahya yang kini menjabat sebagai Menteri Pariwisata membantah kabar bahwa dirinya menggunakan ijazah palsu. Arief Yahya mengklaim bahwa dirinya telah lulus dengan predikat cum laude dari Unpad, Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com