Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Jam Terbakar, Pabrik Tekstil di Sukoharjo Luluh Lantak

Kompas.com - 22/05/2015, 01:05 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SUKOHARJO, KOMPAS.com
- Si Jago merah meluluh lantakan sebuah pabrik tekstiL di Grogol, SukoHarjo, Jawa Tengah. Puluhan mobil pemadam kebakaran mengalami kesulitan menjinakan api karena banyak bahan yang mudah terbakar di dalam pabrik. Kurang lebih empat jam, api berhasil dikendalikan oleh petugas.

Dugaan sementara, api berasal dari korsleting listrik di salah satu mesin produksi. Pabrik milik PT Duta Merlin Dunia Tex di Desa Pondok, Grogol, Sukoharjo pada Kamis petang (21/5/2015) mengalami kebakaran. Api yang diduga berasal dari bagian mesin produksi langsung merembet dengan cepat.

Diduga api menyebar semakin cepat karena masuk ke dalam blower di air conditioner (AC). Banyaknya bahan dan material pabrik yang mudah terbakar seperti kapas dan kain, membuat petugas kesulitan untuk memadamkan api yang sudah merembet ke area pabrik lainnya. Puluhan mobil pemadam kebakaran dari Klaten, Solo, Karanganyar dan Wonogiri serta relawan dari SAR berdatangan untuk membantu memadamkan api.

Dari keterangan salah satu relawan SAR, api muncul sekitar pukul 16.11 wib dan hingga pukul 19.30 wib api masih belum bisa padam seluruhnya.

"Api langsung membakar glass wool di atap, lalu tetesannya membakar bahan-bahan yang ada di bawahnya. Sekitar pukul 19.30 sudah bisa dikendalikan tapi di beberapa lokasi masih ada titk api," kata Muchlis, Kepala Bidang Operasi SAR Sukoharjo saat dikonfirmasi.

Sementara itu, Kapolresta Sukoharjo, AKBP Andy Rifai menerangkan bahwa hingga saat ini masih belum ada laporan adanya korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut. Namun, polisi akan menyelidiki penyebab kebakaran.

"Tidak ada korban jiwa, hanya material saja," katanya.

Sementara itu, karyawan pabrik sebagian besar dipulangkan dan beberapa membantu menyelamatkan barang barang pabrik. Belum ada keterangan resmi dari pihak pabrik, namun kebakaran menghanguskan hampir seluruh pabrik dari area pemintalan benang hingga gudang kain. Hingga saat ini petugas pemadam masih berupaya memadamkan titik titik api di area pabrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com