Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Terbakar, Para ABK Melompat ke Sungai

Kompas.com - 21/05/2015, 17:02 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Sebuah kapal kayu di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), terbakar ketika sandar di pelabuhan Samarinda Seberang pada Kamis (21/5/2015) sekitar pukul 11.00 Wita. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun para ABK yang masih berada di dalam kapal ketika terbakar langsung melompat ke sungai untuk menyelamatkan diri.

Kapolsekta Kawasan Pelabuhan (KP3) Samarinda Kompol Sudarsono menjelaskan, pihaknya belum mengetahui pasti penyebab kebakaran dan masih dalam penyelidikan.

“Belum diketahui pasti penyebab kebakarannya. Kapal tersebut tengah sandar di Dermaga milik H Burhanuddin di perairan sungai Mahakam. Kita masih menyelidiki penyebabnya, apalagi ABK kapal tersebut masih shock dan belum datang ke kantor untuk kita mintai keterangan,” ujarnya.

Sudarsono menerangkan, saat kapal itu terbakar, terdapat banyak kapal lain di dekatnya, sehingga terpaksa kapal nahas itu ditarik hingga ke tengah sungai oleh tugboat Herlina 24 milik perusahaan.

“Pada saat kapal sudah berada ditengah sungai, Kapal Polairud milik Mabes Polri dibantu kapal tugboat yang ada di sekitar langsung menyiramkan air untuk memadamkan api di kapal itu, kemudian ditenggelamkan ke dasar sungai,” ungkapnya.

Pihaknya juga belum mengetahui jenis dan fungsi kapal tersebut.

“Untuk jenis kapal apa dan untuk apa kita belum tahu, nanti tunggu kita periksa ABK beserta pemiliknya dulu,” sebutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com