Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nenek 140 Tahun Asal Purwakarta Ikut Sayembara Manusia Tertua di Dunia

Kompas.com - 12/05/2015, 12:13 WIB

PURWAKARTA, KOMPAS.com — Seorang nenek berusia sekitar 140 tahun asal Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan mengikuti sayembara manusia tertua di dunia.

Anami, warga Kampung Bungur Sarang, Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta, akan menjalani pemeriksaan medis untuk mengetahui usia pastinya untuk mengikuti sayembara itu.

Rati, anak ketiga Anami dengan suami keduanya, mengatakan, keluarga tidak akan memaksakan diri untuk mengikuti sayembara itu.

"Semuanya akan diserahkan ke pemerintah daerah," katanya di Purwakarta, Selasa (12/5/2015).

Anami didampingi anak dan cucunya mendatangi Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk meminta dukungan pemerintah daerah untuk mengikuti sayembara itu.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menyatakan akan mendukung Anami mengikuti sayembara manusia tertua di dunia. Ia mengatakan, Anami perlu menjalani pemeriksaan medis untuk memastikan usianya sebelum mengikuti sayembara.

Jika usia Anami benar 140 tahun, nenek yang memiliki 12 anak itu bisa memenangi sayembara yang digelar multijutawan Moldova, Dmitry Kaminsky, yang menjanjikan hadiah satu juta dollar AS (1 dollar AS = Rp 13.198) kepada orang pertama yang mencapai umur 123 tahun.

Orang tertua yang pernah hidup adalah Jeanne Calment, yang meninggal dunia pada tahun 1997 pada usia 122,5 tahun. Orang tertua yang hidup saat ini adalah Jeralean Talley (115 tahun) dan Susannah Mushatt Jones (115 tahun).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com