Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pipa Gas Geotermal di Pangalengan Meledak, Satu Warga Tewas

Kompas.com - 05/05/2015, 19:00 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Pipa gas geotermal milik Star Energy di Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan meledak, Selasa (5/5/2015) sekitar pukul 14.40 WIB. Ledakan tersebut mengakibatkan longsoran yang menimbun rumah penduduk.

"Longsoran tersebut menimpa rumah penduduk dan warga. Menurut laporan, kejadian ini mengakibatkan satu orang meninggal dunia," ujar Kapolres Bandung AKBP Erwin Kurniawan melalui saluran telepon, Selasa (5/5/2015).

Erwin menjelaskan, pipa tersebut meledak akibat pergerakan tanah. Ia belum bisa memberikan keterangan lebih detail karena masih melakukan peninjauan.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung menjelaskan, pergerakan tanah di Pangalengan membuat retakan tanah di daerah tersebut. Bahkan, akibat pergerakan tersebut, pipa geothermal rusak dan akhirnya meledak.

Sebelum terjadi longsoran, retakan tanah akibat ledakan pipa semakin membesar. Besaran retakan bervariasi dari 20 cm hingga 50 cm. Dari informasi di lapangan, saat ini evakuasi masih terus dilakukan. Warga yang mengalami luka-luka langsung dilarikan ke Puskesmas terdekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com