Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Diguyur Hujan, Buruh Pilih "Goyang Dumang"

Kompas.com - 01/05/2015, 16:39 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Aksi peringatan May Day ratusan buruh di depan kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan Surabaya tetap berlangsung meriah meski diguyur hujan, Jumat (1/5/2015). Massa bukannya berlindung dari hujan, justru bergoyang dengan alunan lagu "Goyang Dumang".

Massa aksi dari berbagai elemen buruh se-Jawa Timur baik laki-laki maupun perempuan itu bergoyang mengikuti irama lagu. Sebagian membentuk lingkaran dan berputar-putar di tengah kerumunan massa. Mereka bahkan meminta operator musik memutar lagi lagu "Goyang Dumang" saat sudah habis.

Para buruh menunggu hasil pertemuan perwakilan mereka dengan Gubernur Soekarwo di dalam komplek Kantor Gubernur Jatim. Mereka memenuhi Jalan Pahlawan di sekitar monumen Tugu Pahlawan Surabaya.

Sebagian besar massa buruh berasal dari kawasan Ring I industri Jatim seperti Pasuruan, Mojokerto, Sidoarjo, Gresik, dan Surabaya sendiri. Selain meminta dihapuskan sistem kerja outsorching, buruh juga mendesak pemerintah membubarkan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) dan meringankan iuran BPJS untuk buruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com