Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rifa, Bocah dengan Tumor di Perut Meninggal Dunia di RSCM

Kompas.com - 28/04/2015, 09:49 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com — Rifa Indriani, buah hati pasangan Amrina Rosada (21) dan Firman Ahmadi (23), warga Desa Linau, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur, Bengkulu, yang menderita tumor di perut itu, meninggal dunia di RSCM Jakarta, Selasa (28/4/2015) pukul 00.15 WIB. (Baca: Bayi Penderita Tumor yang Diobati Dedaunan Dirujuk ke RSCM)

Rifa, yang belum genap berusia 3 tahun, telah dua bulan menjalani perawatan di RSCM dengan biaya yang ditanggung Pemerintah Provinsi Bengkulu. Namun, bocah perempuan ini tetap tak bisa diselamatkan. "Selama di RSCM, anak saya dua kali dioperasi. Operasi tahap pertama pembuangan cairan di perutnya," kata Firman saat dihubungi melalui telepon genggamnya.

Operasi kedua dengan pengangkatan kista, tetapi tak dapat diangkat, dan dilanjutkan dengan penyambungan usus. Setelah itu, Rifa tak sadarkan diri. Baru pada Kamis (23/4/2015), ia sadar, tetapi selanjutnya koma. Rifa kemudian memasuki fase kritis dan akhirnya meninggal dunia. Jenazah Rifa akan dibawa pulang ke Bengkulu pada hari ini.

Rifa Indriani didiagnosis menderita intra-abdomen susp tratama selama hampir sembilan bulan. Tragisnya, selama tujuh bulan, Rifa tak mendapatkan perawatan medis karena keterbatasan biaya dan pengetahuan orangtuanya.

Makin hari, tubuh bocah ini mengecil dengan perut membesar. Selama menderita sakit, Rifa hanya mendapatkan pengobatan dedaunan saja, tak mendapatkan perawatan medis. (Baca: Tumor di Perut, Bayi Rifa Hanya Diobati Pakai Dedaunan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com