Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bicara Palestina, Gubernur Jabar Khotbah Jumat Pakai 3 Bahasa

Kompas.com - 24/04/2015, 16:32 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menjadi khatib dalam ibadah shalat Jumat di Masjid Raya Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/4/2015) siang. Shalat Jumat ini diikuti para kepala negara dan delegasi yang menghadiri peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA). 

Aher, demikian dia biasa disapa, dalam khotbahnya menggunakan tiga bahasa, yakni bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab. "Tadi saya menggunakan tiga bahasa, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab," kata Aher seusai ibadah.

Menurut Aher, penjelasan panjang dalam khotbahnya menggunakan bahasa Indonesia. "Awalnya pakai bahasa Indonesia, kemudian dijelaskan kembali pakai bahasa Inggris dan Arab. Bahasa Inggris dan Arab itu ringkasan, yang panjangnya bahasa Indonesia," kata Aher.

Aher berbicara bahwa hasil KAA, yang dilaksanakan pada tanggal 19-23 April di Jakarta dan tanggal 24 April di Bandung, menghasilkan pesan perdamaian di antara negara-negara di dunia, khususnya di Asia Afrika.

Selain itu, peringatan 60 tahun KAA harus bisa membebaskan Palestina dari penjajahan Israel. "Saat ini, seluruh Asia Afrika sudah terhindar dari penjajahan, kecuali Palestina, yang saat ini sedang berjuang. Kita mendorong mereka menjadi bangsa yang merdeka, menjadi bangsa yang kuat. Solidaritas tersebut harus digaungkan," kata Aher. 

Dalam kesempatan ini, delegasi non-Muslim menunggu di Gedung Merdeka. Sementara itu, ada juga yang langsung menuju ke kediaman Aher. Sebagian lainnya menuju ke bandara untuk kembali ke negara asalnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com