Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidak Proyek Jalan, Ganjar Ukur Ketebalan Jalan dengan Jari

Kompas.com - 23/04/2015, 13:44 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


GROBOGAN, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan komitmennya untuk merealisasikan program unggulan infrastruktur tahun 2015. Salah satunya dengan memastikan seluruh jalan di Jawa Tengah tidak ada lubang. Saat meninjau jalan di jalan alternatif di ruas Gubug-Kedungjati Kabupaten Grobogan, Kamis (23/4/2015),

Ganjar menemukan sejumlah jalan rusak yang mulai diperbaiki sepanjang 3,5 kilometer. Jalan tersebut diperbaiki dengan cara pembetonan. Saat melihat proses itu, suami dari Siti Atiqoh turun dari mobil dinasnya dan ikut melakukan pengawasan terkait kualitas jalan. Bahkan, Ganjar turun dan mengukur ketebalan cor yang telah dibangun pihak rekanan tersebut dengan jari kanannya.

"Ini coba saya kilani (ukur) ya. Ini berapa lebarnya? Jangan sampai kurang dari rencana awal," kata Ganjar, Kamis (23/4/2015).

Perwakilan dari Dinas Pekerjaan umum yang datang menjelaskan, bahwa ketebalan cor adalah 25 sentimeter. Ganjar pun mengingatkan agar kualitas pembangunan terus diperhatikan. Jangan sampai setelah dibangun, ada jalan rusak hingga ada lubang di dalamnya.

"Tadi mobil saya pas lewat di cor saya itu sempat kena lubang dan mumbul. Itu nanti kalau ada korban gimana kalau tidak segera diperbaiki," ungkapnya.

Atas hal itulah, dia minta kepada dinas terkait untuk mengatasi lubang di sepanjang jalur tersebut agar tidak ada korban dari lubang tersebut. Selain itu, dia minta kepada masyarakat setempat untuk mengawasi pekerjaan jalan, ataupun adanya jalan berlubang.

"Saya tadi lihat, di samping jalan ada tulisan 100 meter lagi ada pekerjaan, ternyata tidak ada pengerjaan. Saya ingin agar ketika ada "lubang" juga ditulis kapan akan diperbaiki biar masyarakat mengawasi. Ditempel menggunakan MMT," seru politisi PDIP tersebut.

Jalan sepanjang jalur Gubug-Kedungjati tersebut diperbaiki sepanjang 3,5 kilo meter. Perbaikan diprioritaskan pada jalan yang memiliki tingkat kerusakan terparah hingga dikerjakan ke dalam empat paket pekerjaan. Anggaran untuk itu sebesar Rp 20 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com