Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor Dunia Tarian Terpanjang Ada di Ternate

Kompas.com - 22/04/2015, 10:52 WIB
TERNATE, KOMPAS.com - Museum Rekor Indonesia (Muri) menyatakan kekagumannya atas semangat pelajar di Ternate, Maluku Utara, yang menari tarian soya-soya sepanjang 42 kilometer, dan menjadikannya tarian terpanjang di dunia.

Senior Manager MURI, Paulus Pangka, di Ternate, awal pekan ini, mengatakan, tarian soya-soya yang diestafetkan ini berhasil memecahkan rekor baru di Muri sebagai tarian terpanjang, dan baru pertama kali terjadi Indonesia.

Tari ini diilhami gerak harmonis burung langka yang eksotik khas kepulauan setempat, saat memasuki musim kawin. Burung-burung ini tidak tiap saat bisa dilihat manusia, karena ada waktu tertentu dan lokasi tertentu.

"Pada Minggu kemarin, Muri mencatat ada rekor baru dan bukan hanya memecahkan rekor Muri tapi memecahkan rekor dunia baru yaitu pergelaran tari soya-soya secara ekstafet terpanjang dan mengelilingi Gunung Gamalama, dan ini baru pertama kali terjadi di Indonesia bahkan dunia," kata dia.

Rekor dunia baru
Menurut Pangka, di dunia belum pernah ada orang melaksanakan tarian mengelilingi satu pulau, dan baru kali ini dilakukan di Kota Ternate.

Bagi Muri, catatan rekor ke 6.902 dengan kriteria 'super latih' atau yang paling panjang mencapai 42 kilometer. Atau, hampir sama jaraknya dengan lintasan lari marathon. Tarian ini dimulai di depan Kantor Wali Kota Ternate hingga depan kawasan Daulasi.

Selain dipenuhi penarinya, ribuan penduduk setempat dari berbagai usia dan kalangan tumpah-ruah.  Sejumlah warga kota Ternate memberikan apresiasi atas kegiatan Soya-Soya Kololi Kie 2015 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com