Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabel Bawah Laut Putus, Koneksi Internet di Papua Terganggu

Kompas.com - 21/04/2015, 00:15 WIB
Kontributor Jayapura, Alfian Kartono

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Koneksi internet di beberapa kota dan kabupaten di Papua mengalami gangguan menyusul terputusnya kabel fiber optik bawah laut di antara perairan Biak dan Jayapura, Senin (20/4/2015). Humas Telkomsel Jayapura, Rifky, membenarkan adanya gangguan internet di Jayapura dan beberapa kabupaten di Papua pada hari Senin (20/4/2015) mulai pukul 06.11 WIT.

Dari rilis yang dikeluarkan Telkomsel Wilayah Maluku-Papua, menurut Rifky, Telkomsel bersama PT Telkom telah mendeteksi ada kabel fiber optik dasar laut yang terputus itu. Namun, penyebab terputusnya kabel data tersebut belum diketaui dan masih dalam penyelidikan.

"Sampai saat ini pihak konsorsium penyedia layanan kabel fiber optik sudah melakukan langkah-langkah untuk melakukan perbaikan," kata Rifky yang dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (20/4/2015).

Akibat putusnya kabel fiber optik bawah laut ini, jelas Rifky, layanan internet Telkomsel mengalami gangguan di Jayapura dan sekitarnya, juga di wilayah kabupaten di Pegunungan Tengah dan Asmat. Sambil menunggu perbaikan jaringan kabel fiber optik, Telkomsel akan kembali menggunakan satelit untuk koneksi data. Sementara untuk layanan telepon dan SMS tetap normal.

"Sejak Maret 2015 kami sudah memakai layanan kabel fiber optik untuk layanan data (internet) dengan kecepatan 2 gigabyte per detik. Dengan kerusakan ini, kami akan kembali menggunakan satelit untuk akses data, dan konsekuensinya kecepatan akses internet berkurang," ucap Rifky.

Rifky mengaku belum mendapat penjelasan lebih lanjut dari pihak konsorsium PT Telkom selaku penyedia layanan jasa kabel fiber optik bawah laut. "Dan kami pun belum dapat memastikan kapan akses internet akan kembali normal. Semoga bisa secepatnya sebelum diresmikan Mei mendatang," kata Rifky.

Warga anggap HP rusak

Akibat gangguan koneksi internet sejak pagi, banyak warga yang mendatangi counter servis telepon seluler karena menduga teleponnya rusak. Yan, salah seoang warga Dok V, Kelurahan Trikora, Jayapura Utara, menduga telepon selulernya rusak dan sempat membawa ke konter servis.

Dari petugas servis, Yan mengaku mengetahui ada kerusakan koneksi internet. Bahkan bukan hanya ia yang merasa teleponnya mengalami kerusakan. Petugas servis mengaku sudah banyak warga yang datang menanyakan hal serupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com