Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gibran dan Selvi Pilih Busana Pengantin Jawa Klasik

Kompas.com - 15/04/2015, 18:21 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com
- Tema Jawa Klasik dipilih oleh putra sulung Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, dan pasangannya, Selvi Ananda, untuk resepsi pernikahan mereka, awal Juni mendatang. Busana pengantin untuk Selvi pun sudah mulai dikerjakan.

Kesan sederhana dan elegan menjadi tema pernikahan putera sulung Presiden Indonesia Jokowi tersebut. Busana pengantin Selvi dirancang dan dibuat di Rumah Kebaya Chili oleh pemiliknya langsung, Hanif Aisyah Nanjaya.

Hanif menuturkan bahwa tema yang diambil untuk pernikahan adalah kebaya Jawa klasik. Bahan beludru dipilih untuk memunculkan kesan sederhana namun nyaman dipakai, sedangkan untuk menguatkan kesan elegan, desainer muda tersebut akan menyulamkan benang gem warna emas.

"Model Jawa Tradisional, seperti kartinian. Kebaya hitam tebal tapi tidak membuat gerah. Lalu dimodifikasi ada ekor menjuntai ke lantai," katanya saat ditemui, Rabu (15/4/2015).

Hanif menceritakan bahwa pihak keluarga yang memilih kebaya tradisional sesuai pakem. Hal tersebut menjadi tantangan bagi Hanif karena dirinya lebih sering merancang kebaya modern yang lebih terkesan seksi.

"Sedang dikerjakan dan saat ini sudah 50 persen," katanya.

Sementara itu, selain Rumah Kebaya Chili, Gibran dan Selvi juga memesan baju di Rumah Mode Bilqis.

Prosesi pernikahan pun sudah dipastikan akan mengikuti adat Jawa. Hal tersebut diungkapkan istri Jokowi, Iriana, saat jumpa pers, Selasa (14/4/2015) malam. Menurut Iriana, karena pernikahannya di Solo, keluarga akan menggelar sesuai tata cara adat Jawa.

"Pernikahannya di Solo, jadi kita pakai adat Jawa," katanya.

Hal tersebut termasuk pemilihan hari pernikahan yang akan menggunakan hitungan Jawa. Namun, Iriana menjelaskan bahwa semua hari baik, namun juga akan mengikuti tradisi dalam pemilihan hari. Iriana pun masih merahasiakan kapan tanggal pasti pernikahan putera sulungnya tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com