Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangdam Siliwangi: Ada Tiga Tipe Orang yang Disasar ISIS

Kompas.com - 06/04/2015, 19:02 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi Mayor Jendral (Mayjen) Dedi Kusnadi Thamim mengatakan ada banyak cara bagaimana kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) merekrut banyak orang di Indonesia untuk masuk dalam organisasinya. 

"Ada beberapa macam kelompok orang yang jadi sasaran ISIS untuk memperkuat kelompoknya," kata Dedi di Makodam III/Siliwangi, Jalan Aceh, Bandung, Jawa Barat, Senin (6/4/2015). 

Pertama, kata Dedi, orang-orang yang wawasan dan pengetahuan agamanya yang lemah. Kedua, faktor ekonomi yang terbatas atau dilanda kemiskinan. Ketiga, orang-orang yang pendidikannya rendah dan orang-orang yang suka radikalisme atau kekerasan. 

"Ini yang jadi sasaran utama kelompok ISIS membujuk orang untuk bergabung dalam menambah kekuatan mereka. Mereka (ISIS) menganggap macam kelompok tersebut mudah untuk dirasuki untuk diajak bergabung," katanya.

Dedi tidak menampik adanya indikasi paham ISIS di wilayah Jawa Barat, seperti di daerah Kabupaten Bandung (kasus Aisyahnaz), Tasikmalaya, Ciamis dan lainnya.

"Ada indikasi ya di Bandung, di Tasik dan di Ciamis juga ada," katanya.

Namun, penyebarannya masih dapat terbendung. Dedi mengatakan, jajaran kodam III/Siliwangi terus berkomitmen untuk memberantas tumbuh kembangnya kelompok ISIS di Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Kerja sama dilakukan dengan jajaran Polda Jawa Barat, Pemprov Jabar. 

"Apa yang dilakukan oleh Kodam soal penanganan ISIS, kami selalu melakukan koordinasi ?dengan Polda (Jabar) Pemda (Pemprov Jabar)," katanya. 

Pihaknya pun mengutamakan fungsi Babinsa untuk melakukan pemantauan di semua daerah-daerah atau desa-desa terpencil di Jawa Barat dan Banten.  

"Babinsa kami kedepankan," katanya.

Pencegahan akan masuknya ISIS terus diperketat.

"Misalnya, dengan masyarakat yang baru datang pertama ke suatu kampung (orang baru), harus melakukan wajib lapor," tegasnya.

Selain itu, para Babinsa tersebut turut melakukan sosialisasi bahaya ISIS kepada para warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com