Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolres Jember Jadi Khatib Shalat Jumat untuk Tangkal Paham ISIS

Kompas.com - 05/04/2015, 23:14 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


JEMBER, KOMPAS.com
- Beragam cara dilakukan aparat kepolisian untuk mengantisipasi meluasnya gerakan radikal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kapolres Jember, Ajun Komisaris Besar Polisi Sabilul Alif, memanfaatkan momentum pelaksanaan sholat jumat, dengan menjadi khotib jumat untuk memberikan sosialisasi langsung kepada masyarakat.

“Kami sengaja menjadi khotib pada Sholat Jumat, karena saat itu masyarakat sedang berkumpul di masjid, dan mendengarkan khotbah jumat,” ujar Sabilul, Minggu (5/4/2015).

Menurut Sabilul, saat membacakan khotbah tersebut, dirinya juga menyampaikan materi tentang gerakan radikalisme yang akhir-akhir ini mulai marak.

“Biar masyarakat tahu seperti apa gerakan radikal, kemudian ciri- cirinya seperti apa, sehingga masyarakat bisa mengantisipasi sedini mungkin di lingkungan sekitarnya,” ungkap mantan Kapolres Bondowoso ini.

Selain menyampaikan materi tentang gerakan radikalisme, Sabilul mengaku, juga menyampaikan materi tentang keamanan, ketertiban di lingkungan masyarakat.

“Kami berharap masyarakat sadar, dan bisa mendeteksi secara dini akan ancaman serta gangguan yang berkembang di sekitarnya,” katanya.

Dia berharap, dengan model sosialisasi tersebut, masyarakat bisa merasakan aman, sehingga bisa menjalankan aktivitas dengan tenang.

“Gerakan Polisi Khutbah Jumat (Pos Khitmat) ini kami terus lakukan, dan kami berpindah- pindah dari masjid ke masjid di setiap jumatnya,” pungkas Sabilul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com