Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI AL dan Kopassus Amankan Perayaan Paskah di Larantuka

Kompas.com - 03/04/2015, 08:52 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com — Sebanyak 15 anggota TNI Angkatan Laut dan 30 anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dikerahkan untuk pengamanan prosesi Semana Santa (perayaan Kamis Putih dan Jumat Agung) di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Bidang Hubungan Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah NTT Ajun Komisaris Besar Polisi Agus Santosa kepada Kompas.com, Kamis (3/4/2015), mengatakan, selain dari TNI, pengamanan juga berasal dari unsur lainnya, di antaranya kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Badan SAR Nasional.

"Untuk pengamanan Semana Santa hari ini di Kota Larantuka, Flores Timur, personel yang dilibatkan berjumlah 709 orang," kata Santosa.

Tujuan operasi tersebut, kata Santosa, ialah terjaminnya rasa aman bagi masyarakat yang merayakan Paskah serta terwujudnya situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban yang kondusif sebelum dan pada saat perayaan Paskah 2015.

"Sasaran operasinya adalah tempat-tempat yang digunakan untuk ibadah Paskah, warga yang akan melaksanakan kegiatan Paskah, kegiatan Paskah atau prosesi Paskah, barang-barang yang digunakan untuk kegiatan Paskah, termasuk kendaraan atau kapal," kata Santosa.

Perlu diketahui, ibadah Semana Santa pada Jumat Agung diawali dengan prosesi bahari, yakni patung Yesus yang ditempatkan di dalam peti jenazah diantar ke Kapela Tuan Meninu (Tuhan Meninu) di Kota Rowido, Kelurahan Sarotarti, menuju Pelabuhan Cure. Dari Dermaga Rowido, patung Yesus dibawa dengan perahu, lalu diarak oleh ratusan perahu di Kota Larantuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com