Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Red Baron Pacitan, Akik Para Bangsawan

Kompas.com - 01/04/2015, 19:36 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, ternyata memiliki kekayaan batu alam yang menawan. Red baron atau keladen namanya.

Pada festival dan pameran batu akik Bragastone di Jalan Braga, Kota Bandung, terdapat satu stan khusus bernama Sariganda Gemstone yang khusus menjual dan memamerkan cincin batu akik asal Pacitan ini.

Edi Prayitno, penjual batu akik Pacitan, mengatakan, nama red baron sendiri merupakan batu kualitas super berwarna merah tua. Untuk satu cincin bermata batu red baron dengan ukuran kantoran, harganya bisa Rp 2,5 juta.

"Paling mahal Rp 75 juta untuk batu yang pernah juara," kata Edi, Rabu (1/4/2015).

Mahalnya harga batu red baron dikarenakan batu alam jenis ini yang berkualitas super terbilang sulit dicari. Selain itu, bongkahan batu ini juga tidak besar. "Dalam satu bongkahan belum tentu semua merah. Ada yang putih," ucapnya.

Eddy menjelaskan, meskipun baru tenar sekarang, batu red baron sebenarnya dikenakan para raja Jawa sejak zaman dulu. "Red baron itu merah bangsawan. Jadi jaman dulu yang pakai itu para bangsawan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com