Red Baron Pacitan, Akik Para Bangsawan

Kompas.com - 01/04/2015, 19:36 WIB
KOMPAS.COM/PUTRA PRIMA PERDANA Batu akik red baron atau keladen asal Pacitan, Jawa Timur.
BANDUNG, KOMPAS.com - Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, ternyata memiliki kekayaan batu alam yang menawan. Red baron atau keladen namanya.

Pada festival dan pameran batu akik Bragastone di Jalan Braga, Kota Bandung, terdapat satu stan khusus bernama Sariganda Gemstone yang khusus menjual dan memamerkan cincin batu akik asal Pacitan ini.

Edi Prayitno, penjual batu akik Pacitan, mengatakan, nama red baron sendiri merupakan batu kualitas super berwarna merah tua. Untuk satu cincin bermata batu red baron dengan ukuran kantoran, harganya bisa Rp 2,5 juta.

"Paling mahal Rp 75 juta untuk batu yang pernah juara," kata Edi, Rabu (1/4/2015).


Mahalnya harga batu red baron dikarenakan batu alam jenis ini yang berkualitas super terbilang sulit dicari. Selain itu, bongkahan batu ini juga tidak besar. "Dalam satu bongkahan belum tentu semua merah. Ada yang putih," ucapnya.

Eddy menjelaskan, meskipun baru tenar sekarang, batu red baron sebenarnya dikenakan para raja Jawa sejak zaman dulu. "Red baron itu merah bangsawan. Jadi jaman dulu yang pakai itu para bangsawan," jelasnya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X