Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda: Tak Ada Lokasi Pelatihan ISIS di Jawa Barat

Kompas.com - 30/03/2015, 21:43 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Inspektur Jendral Pol Mochamad Iriawan menegaskan, tak ada lokasi pelatihan Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS/ISIS) di wilayah Jawa Barat. Menurut Iriawan, Polda telah melakukan pengecekan terkait informasi adanya lokasi pelatihan dan markas ISIS di Jawa Barat. 

"Adanya kabar kawasan yang dijadikan tempat pelatihan ISIS, kami pastikan tidak ada. Kami sudah melakukan pengecekan di seluruh daerah di Jawa Barat. Tak satu jengkal pun tempat yang tidak termonitor oleh kam. Kami pastikan tempat pelatihan (ISIS) itu tidak ada. " kata Iriawan, di Bandung, Jawa Barat, Senin, (30/3/2015).

Iriawan mengungkapkan, beberapa waktu lalu ada informasi dan foto sekelompok orang yang beredar. Kelompok itu diduga anggota ISIS yang tengah melakukan pelatihan di Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.  Namun, setelah dilakukan pengecekan, ternyata hal itu tidak benar.

"Itu yang di Garut tidak ada, itu tidak benar. Kami sudah perintahkan Kapolres Garut untuk melakukan pengecekan, tapi, ternyata tidak ada," kata Iriawan.

Lebih lanjut, ia mengatakan, ada juga informasi yang menyebutkan ada pelatihan ISIS di kawasan Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Yang itu pun (di Sukabumi) kebenarannya tidak tepat.  Jadi, tidak satu jengkal pun tanah yang tidak bisa kami ketahui. Informasi-informasi soal itu (ISIS) selalu kami terima, soalnya, sudah kami tempatkan di sana Babinsa, Babinkamtibnas, tokoh agama, unsur masyarakat untuk melakukan pemantauan. Jadi, kabar itu tidak terbukti," katanya.

Iriawan menambahkan, jajaran Polda Jabar, Pemprov Jabar, Majelis Ulama Indonesia (MUI), tokoh agama serta tokoh masyarakat sudah berkoordinasi dan berkomitmen untuk menangkal masuk dan beredarnya aliran ISIS di Jawa Barat.

"Saya yakin, masyarakat Jabar tidak akan gampang terpengaruh, ideologi ISIS tidak akan masuk ke Jabar. Dan mereka (ISIS) pun tidak mudah untuk merayu, soalnya mereka tidak punya legitimasi masyarakat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com