Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Hamil di Ambon Tak Diperbolehkan Ikut UN

Kompas.com - 26/03/2015, 18:36 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kota Ambon mengambil langkah tidak akan mengikutsertakan siswa yang hamil dalam Ujian Nasional (UN), 13 April mendatang. Kepala Disdik Kota Ambon Benny Kainama mengatakan, sekolah memiliki kewenangan untuk mengistirahatkan siswa tersebut.

“Kalau siswa tersebut diistirahatkan oleh sekolah berarti tidak boleh ikut UN. Dan memang dalam pembinaan di dunia pendidikan biasanya yang seperti itu tidak bisa ikut UN,” katanya di Balai Kota Ambon, Kamis (26/3/2015).

Kainama menampik jika kebijakan tersebut adalah bentuk diskriminasi terhadap siswi yang hamil. Menurut dia, harus dipahami bahwa tujuan pendidikan adalah mendidik dan membina sehingga siswa yang hamil dalam masa studi tergolong siswa yang tidak patuh terhadap aturan sekolah. Sanksinya pun diberlakukan kepada mereka yang melanggar.

“Tugas sekolah itu mendidik dan membina, jadi kalau ada siswi yang hamil dalam studi itu artinya dia tidak patuh terhadap aturan,” katanya.

Meski demikian, dia mengaku ada kelonggaran bagi siswi hamil, yakni diperbolehkan mengikuti UN melalui kejar paket.

“Larangan siswa hamil ikut UN bukan berarti masa depannya hancur. Masih ada kesempatan bagi siswa untuk mengikuti kejar paket atau ujian persamaan,” tukasnya.

Terkait apakah sudah ada laporan dari pihak sekolah kalau siswi peserta UN ada yang hamil, Kainama mengaku hingga kini belum ada pihak sekolah yang melaporkan temuan siswa hamil di sekolahnya.

“Sampai saat ini belum ada laporan dari sekolah, kalau sudah ada laporan maka siswa yang hamil tidak diperkenankan untuk ikut UN,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com