Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tiga Calon Kuat Pemimpin Keraton Yogyakarta

Kompas.com - 23/03/2015, 15:49 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sosok yang nantinya akan menjadi pemimpin Keraton Yogyakarta adalah sepenuhnya tugas dari raja. Namun demikian, jika dilihat dari sisi keilmuan, bisa dipetakan dalam aristokrasi pohon keturunan.

Dosen Jurusan Politik dan Pemerintahan Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) Bayu Dardias K menjelaskan, berdasarkan pemetaan itu, terdapat 15 nama yang mungkin bisa menggantikan Sri Sultan HB X. Mereka terdiri dari lima putri Sultan dan 11 adik Sultan yang masih hidup.

Dari jumlah itu, lanjut Bayu, tiga di antaranya memiliki potensi kuat untuk menduduki posisi raja berdasarkan keilmuan. Mereka antara lain GKR Pembayun (putri tertua Sri Sultan HB X), serta Hadiwinoto dan Prabukusumo, keduanya saudara Sri Sultan.

"Dilihat dari pemetaan, tiga kandidat tersebut memiliki potensi yang sama-sama kuat," ujar Bayu dalam Academic Roundtable Discussion "Politik Keistimewaan di Yogyakarta, Harta, Tahta, dan Perebutan Kuasa" di Fisipol UGM, Senin (23/3/2015).

Namun demikian, Bayu menegaskan, pemilihan calon pemimpin Keraton Yogyakarta merupakan hak dari raja, dalam konteks ini adalah Sri Sultan HB X. [Baca juga: Hak Sultan HB X untuk Tentukan Penggantinya Harus Dihormati]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com