Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Prambanan, Jokowi dan Istri Pakai Pakaian Adat Bali

Kompas.com - 20/03/2015, 10:44 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

SLEMAN, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo mengenakan pakaian adat Bali saat menghadiri upacara Tawur Kesanga Nasional dalam rangka perayaan Hari Raya Nyepi-Tahun Saka 1937 (2015) di Kompleks Candi Prambanan.

Sekitar Pukul 09.30 Wib, Jumat (20/3/2015), Presiden dan Ibu Negara tiba di Kompleks Candi Prambanan didampingi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Kehadiran Presiden RI ke 7 ini menjadi perhatian ribuan umat Hindu yang hadir. Terlebih, Presiden dan istri hadir mengenakan baju adat Bali. Presiden terlihat memakai baju safari putih, lengkap dengan udeng (ikat kepala) warna putih dan kemen (jarik) yang dipadukan celana panjang kain warna putih. Sementara itu, Ibu Negara mengenakan baju kebaya Bali warna putih.

"Nyepi merupakan momentum untuk menghilangkan segala prilaku yang tidak baik, perkataan tidak baik. Nyepi adalah momen," ujar Presiden di depan ribuan umat Hindu di kompleks Candi Prambanan.

"Perayaan Nyepi diharapkan (umat) menghayati semangat toleransi di dalam hidup keberagaman. Selamat Hari Nyepi," kata Presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com