Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Warga Terduga Anggota ISIS Diserahkan ke Polisi

Kompas.com - 18/03/2015, 10:51 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Semua data kependudukan atas nama Asyahnaz Yasmin diserahkan kepada polisi beberapa waktu lalu. Hal ini dilakukan untuk kepentingan penyelidikan menyusul kabar bergabungnya Yasmin dengan jaringan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Suriah.

"Sudah diserahkan (data Yasmin)," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung, Salimin, kepada wartawan di Bandung, Rabu (18/3/2015).

Data yang diserahkan mencakup semua data yang dimiliki Kabupaten Bandung. Salimin mengungkapkan, Yasmin lahir di Lampung, 7 Juli 1989, dan merupakan anak kandung dari Mahfouzt Firdaus.

Salimin menjelaskan, ayah Yasmin pernah menikah dengan warga Lampung dan berpisah pada 1990. Nama Yasmin tercantum dalam kartu keluarga Mahfouzt Firdaus pada 2006. Namun, pada 2010, Yasmin pernah hilang kontak.

Setelah ditelusuri, saat hilang kontak, Yasmin dikabarkan bekerja di Jakarta. Dia kembali ke Bandung untuk memperpanjang KTP. "Bahkan, 18 September 2014 lalu, dia baru membuat akta kelahiran," tutur Salimin.

Selain itu, pada tahun yang sama, perekaman e-KTP dilakukan. Namun, e-KTP Yasmin belum siap cetak sehingga saat ini yang bersangkutan mengantongi KTP lama. "E-KTP-nya sudah siap cetak. Tapi, sekarang kami tahan dulu," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com