Peluang Ekspor Sepatu dan Produk Karet ke Korea Utara Dijajaki

Kompas.com - 17/03/2015, 19:47 WIB
Ilustrasi. Sepatu Cibaduyut. KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHOIlustrasi. Sepatu Cibaduyut.
|
EditorCaroline Damanik

BANDUNG, KOMPAS.com – Kunjungan 36 delegasi Korea Utara disambut baik Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Bahkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Jabar, Ferry Sofwan berharap kunjungan ini menjadi awal masuknya produk Jabar ke Korut.

“Kami berupaya memenuhi keinginan tersebut dengan mempertemukan Korut dengan Inkaba yang merupakan BUMD produsen karet serta industri sepatu bukan skala besar, karena mereka memilih industri bukan berskala besar,” ujar Ferry di Bandung, Selasa (17/3/2015).

Selain itu, pihaknya akan mengajak delegasi Korut mengunjungi pabrik Fortune yang merupakan industri kelas menengah produsen sepatu berorientasi ekspor serta pabrik Tom Kins di Gedebage yang berorientasi pasar dalam negeri.

Ferry mengungkapkan, Korut mulai membuka diri dengan negara lain setelah terkena sanksi embargo. Namun hal tersebut justru menjadi keuntungan dan peluang bagi Indonesia karena ini menjadi peluang bagi produk Jabar untuk masuk pasar Korut.


Karena dari catatan yang dimilikinya, hingga kini belum ada produk Jabar yang menembus pasar Korut, termasuk industri alas kaki. Selama ini, negara tujuan ekspor alas kaki Jabar adalah negara-negara di Asia Tenggara, Eropa, dan Amerika Serikat.

“Merek sepatu lokal sulit menembus pasar ekspor karena kalah bersaing dengan merek internasional yang juga diproduksi di Indonesia. Karena itu, alas kaki menjadi urutan keempat ekspor produk Jabar setelah elektronik, otomotif, dan tekstil,” ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X