Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kota Parepare, Batu Akik Jenis Sisik Naga Dijadikan Patung

Kompas.com - 14/03/2015, 10:51 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis


PAREPARE, KOMPAS.com
 — Para pencinta batu akik, utamanya jenis sisik naga (Septarian noudles), di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, melakukan inovasi. Tidak hanya membuat batu akik untuk cincin dan liontin (kalung), para stoner di kota yang bertajuk "Bandar Madani" ini membuat patung hewan dari bongkahan batu sisik naga.

Patung dari batu akik sisik naga ini hanya bisa ditemui di jajaran pusat batu akik di Jalan Veteran, Ujung Bulu, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, tepatnya di emperan milik Haji Faizal. Beragam batu akik sisik naga berbentuk patung hewan, mirip ular piton, sanca, kura-kura, anjing, dan hewan lainnya.

“Corak khas batu akik sisik naga sangat cocok dijadikan miniatur binatang. Sangat cocok untuk hiasan di ruang tamu," kata Haji Faizal, Sabtu (14/3/2015).

Haji Faizal mengatakan, ide ini awalnya timbul dari seorang wartawan di kota ini yang memberikan ide.

"Ide mengolah batu akik menjadi hiasan seperti bentuk hewan dan perabot rumah seperi piring dan gelas dari seorang jurnalis di Kota Parepare yang memberi ide awal," aku Faizal.

Haji Faizal membanderol batu akik yang didesain mirip hewan ini dengan harga murah. Misalnya saja, batu akik mirip ular piton dengan ukuran besar, sekitar 50 sentimeter dengan berat 3 kilogram, dibanderol dengan harga Rp 15 juta, sementara yang ukuran sedang Rp 4 juta dan replika hewan ukuran kecil dibanderol hanya dengan harga Rp 1 juta.

"Dibanding beli batu akik sisik naga untuk cincin atau kalung, seharga Rp 1 juta, batu akik model hewan ini besarnya 30 kali lipat dibanding untuk cincin, murahkan," kata Haji Faizal.

Sementara itu, Andri, pencinta batu akik Kota Parepare, mengaku kagum melihat kreativitas para perajin batu akik di Jalan Veteran ini.

"Wah, mereka kreatif. Model seperti ini pasti akan laris. Saya akan membeli bentuk ular untuk hiasan di meja kerja saya," kata Andri.

Nah, jika Anda ke Kota Parepare, tidak ada salahnya menyempatkan diri ke pusat penjualan batu akik di Jalan Veteran, Kelurahan Ujung Bulu, Kecamatan Ujung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com