Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polwan Cantik "Hello Kitty" Beredar di Kota Cimahi

Kompas.com - 13/03/2015, 22:06 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

CIMAHI, KOMPAS.com — Biasanya mobil polisi didominasi warna putih, biru, dan merah. Namun, di Kota Cimahi, Jawa Barat, beredar mobil polisi dengan aksesori "Hello Kitty" berwarna merah muda plus polwan cantik di belakang kemudi. Mobil patroli Hello Kitty ini berkeliling Kota Cimahi untuk mengampanyekan aturan tertib lalu lintas kepada masyarakat dan pelajar.

"Jadi, ini untuk mengampanyekan kepada masyarakat dan pelajar untuk tertib berlalu lintas. Biar lebih dekat dengan masyarakat, menghilangkan rasa takut. Kan, biasanya pada takut ya sama polisi. Nah, sekarang pakai aksesori Hello Kitty ini supaya masyarakat enggak terlalu takut sama polisi," kata Briptu Dina kepada Kompas.com saat ditemui di Mapolres Cimahi, Jumat, (13/3/2015) sore. 

Dina merupakan salah seorang polwan yang bertugas di belakang kemudi mobil pinky itu. Ia mengatakan, mobil patroli Hello Kitty ini merupakan inisiatif jajaran Polres Cimahi. 

Pantauan Kompas.com, di bagian depan mobil tampak tulisan "Polwan Polres Cimahi" dengan warna merah muda. Pada kaca depan sebelah kanan ditempeli gambar tokoh Hello Kitty. Begitu pula kaca mobil bagian belakang.

Tak hanya bagian luar, bagian dalam mobil ini juga sarat aksesori Hello Kitty dan warna merah muda. Jok dan setir dibungkus sarung berwarna merah muda. 

KOMPAS.COM/RIO KUSWANDI Tampak depan mobil patroli Hello Kitty Polres Cimahi.
KOMPAS.COM/RIO KUSWANDI Tampak belakang mobil patroli Hello Kitty Polres Cimahi.
Datangi sekolah

Menurut Dina, kampanye ala Hello Kitty ini baru pertama kali dilakukan Polres Cimahi. Selain berkeliling kota, mobil patroli "gaul" ini juga mendatangi sekolah-sekolah. Ada dua regu polwan yang bertugas di mobil ini. Masing-masing regu berjumlah empat orang. 

"Kami melakukan patroli di jalan, mengimbau para pengendara roda dua maupun roda empat agar menyalakan lampu kendaraannya pada siang hari, mengimbau agar memakai helm. Kami juga mendatangi sekolah-sekolah. Kami melakukan pembagian brosur tertib berlalu lintas," kata Dina.

Briptu Nurfitri, seorang polwan lainnya, menambahkan, patroli Hello Kitty merupakan cara agar sosok polisi terlihat ramah di mata masyarakat.

"Dengan aksesori Hello Kitty ini, kami bisa berkampanye tertib lalu lintas lebih humanis, memberi kesan tidak arogan di mata masyarakat," ujar dia. 

Kapolres Cimahi AKBP Erwin Kurniawan tidak bisa dihubungi untuk diminta informasi atas inisiatif kampanye ini. Begitu pun Kasatlantas Polres Cimahi AKP Bonifacius Surono. Sejak kemarin dan beberapa hari sebelumnya Surono tidak merespons telepon Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com