Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Tertembak, Buron Ini Masih Sanggup Lari ke Hutan

Kompas.com - 13/03/2015, 13:39 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

MAMUJU UTARA, KOMPAS.com — Meski telah terkena tembakan di kaki, Adin alias Hakim (40), seorang pelaku pembegalan motor di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, masih sanggup meloloskan diri dari tangkapan polisi.

Dia melarikan diri ke dalam hutan dan perkebunan di wilayah Mamuju Utara. Hakim sempat bertahan selama lima hari dengan cara memakan apa saja yang ditemukannya di dalam hutan.  

Sebelumnya, Hakim melarikan diri dari Polsek Sarudu, Mamuju Utara, setelah mengelabui petugas penyidik dengan meminta izin buang air kecil. Pelarian Hakim berakhir saat dia dibekuk di Kecamatan Topoyo. Saat itu, dia bersembunyi di salah satu kebun jagung milik warga.

Hakim sebelumnya ditangkap Tim Buser Polres Mamuju Utara di tempat persembunyiannya di Kabupaten Polewali Mandar. Saat penangkapan itulah Hakim ditembak karena mencoba melawan petugas. Hakim kemudian diserahkan kepada aparat Polsek Sarudu sesuai dengan lokasi tindak pidana yang dilakukannya. 

Selama dalam pelarian, Hakim mengaku sempat berpindah-pindah hutan dan kebun sebelum akhirnya kembali dibekuk. Hakim pun sempat menghunuskan parang panjang saat akan ditangkap. Namun, tembakan peringatan polisi membuat nyalinya ciut. Ia lalu menyerahkan diri.

Kasat Serse Polres Mamuju Utara AKP Misbachul Munir mengatakan, tersangka sebelumnya sempat buron lebih dari dua bulan. "Tersangka berhasil kami tangkap lima hari lalu setelah lebih dari dua bulan dinyatakan buron. Hari ini kita tangkap lagi," ujar Misbachul, Jumat (13/3/2015).

Pelaku kini ditahan di sel Polres Mamuju Utara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com