Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan di Banten Ambruk, Dua Pelajar SD Luka Berat

Kompas.com - 11/03/2015, 03:37 WIB
LEBAK, KOMPAS.com- Jembatan gantung yang menghubungkan Desa Pajagan, Kecamatan Sajira dengan Desa Tambak Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, roboh, Selasa (10/3/2015). Kejadian ini mengakibatkan dua warga luka berat.

"Kedua warga itu dirujuk ke RSUD Adjidarmo Rangkasbitung. Sedangkan luka ringan dilarikan ke Puskesmas terdekat," kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak kaprawi saat dihubungi di Lebak, Selasa.

Ia mengatakan, peristiwa robohnya jembatan gantung itu tidak menimbulkan korban jiwa, namun dua warga mengalami luka berat serta 46 luka ringan. Kedua warga itu adalah siswa kelas V SDN 1 Pajagan Kecamatan Sajira bernama Umi dan Surdi. Mereka mengalami luka serius pada bagian tulang belakang dan giginya rontok.

"Semua warga yang jatuh itu tidak ada korban hanyut, meskipun kondisi sungai deras," katanya.

Menurut dia, pihaknya kini menerjunkan tim petugas untuk membantu masyarakat dengan membuat rakit serta perahu karet agar penyeberangan berjalan normal. Tim petugas selama 24 jam akan memberikan bantuan warga yang hendak menyeberang dengan menggunakan rakit dan perahu karet itu.

"Kami menerjunkan petugas untuk membantu penyeberangan masyarakat sebanyak empat orang," katanya.

Ia menyebutkan, saat ini kedua warga yang luka berat itu kondisinya membaik karena mereka sudah bisa berbicara dan mengkonsumsi makanan. Kemungkinan besok bisa dipulangkan oleh pihak RSUD Adjidarmo Rangkasbitung. "Kami berharap kejadian jembatan putus ini tidak terulang lagi," katanya.

Kasubag Pemberitaan Humas Pemerintah Kabupaten Lebak Aep Dian Hendriawan mengatakan, jembatan gantung yang roboh itu berusia 27 tahun sehingga kekuatannya hanya mampu dilintasi empat sampai lima orang. Selain itu juga kayu jembatan yang dilintasi sudah lapuk dan bolong-bolong, termasuk penahan dari sling kawat.

"Kami menduga ambruknya jembatan penghubung antardesa itu akibat tidak kuat menahan beban yang dilintasi sebanyak 45 siswa SD dan satu pasangan suami isteri mengendarai sepeda motor," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com