Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soputan Meletus, Tombatu hingga Ratahan Dihujani Debu Campur Air

Kompas.com - 07/03/2015, 21:13 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com - Sejumlah kecamatan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, dihujani debu campur air akibat letusan Gunung Soputan, Sabtu (7/3/2015).

Petugas Pos Pemantauan Gunung Api Soputan, Sandi Monengkey, menjelaskan bahwa letusan Soputan terjadi pada pukul 17.09 Wita dengan tinggi kolom letusan 4.500 meter dan condong ke arah tenggara.

"Dari letusan tadi juga teramati awan panas ke arah Barat dengan jarak luncuran kurang lebih 2.500 meter," ujar Monengkey.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mitra Yopi Mokodaser mengatakan, ada beberapa wilayah di Mitra yang terkena dampak letusan tadi.

"Di Tombatu sempat terjadi hujan becek. Beberapa kendaraan yang terparkir terlihat dipenuhi becek yang berasal dari debu vulkanis yang bercampur air," tambah Mokodaser.

Selain di Tombatu, hujan abu juga dilaporkan terjadi di Pasan, dan pusat Kabupaten Mitra, Ratahan. BPBD Mitra akan melakukan pembagian masker dan verifikasi dampak letusan pada Minggu (8/3/2015) besok.

"Kami akan segera turun untuk membagi masker kepada warga yang berada di wilayah terkena hujan debu dan melakukan verifikasi dampak letusan, agar segera ditangani," kata Mokodaser.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com